5 Tanda Orang yang Makin Cerdas dalam Hidupnya

Endah Wijayanti diperbarui 03 Jul 2023, 11:45 WIB

Fimela.com, Jakarta Seiring bertambahnya usia, kemampuan kita untuk berpikir bisa ikut bertambah selama kita mau dan mampu berusaha untuk terus melatih otak. Dengan melatih ketajaman pikiran kita pun bisa makin cerdas. Seperti melatih kemampuan berpikir kritis yang bisa menjadi salah satu cara paling efektif untuk meningkatkan kecerdasan.

Mengutip buku Menjadi, "Kemampuan berpikir kritis adalah kemerdekaan untuk berpikir sendiri. Keleluasaan untuk mengumpulkan informasi secara utuh, memprosesnya secara terstruktur, sehingga kita dapat membaut keputusan terbaik atau mencari solusi yang paling efektif." Kita pun bisa menjadi orang yang makin cerdas dengan terus aktif melatih kemampuan berpikir kritis.

2 dari 6 halaman

1. Aktif Mengikuti Aktivitas yang Melibatkan Problem Solving

Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/g/worawee

Saat kamu aktif mengikuti aktivitas yang melibatkan kemampuan memecahkan masalah seperti berorganisasi atau mengikuti komunitas tertentu, ketajaman pikiranmu bisa makin terasah. Dinamika kegiatan yang beragam dan hal-hal baru yang dihadapi akan memantik kemampuan berpikir kritis. Otak yang terus dilatih untuk berpikir bisa makin baik dalam menjalankan fungsinya.

3 dari 6 halaman

2. Suka Merefleksikan Hal-Hal yang Baru Dilakukan

Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/g/worawee

Kalau kamu punya hobi membuat ulasan soal film atau buku yang kamu baca, maka yakinlah kemampuan berpikirmu akan ikut terasah. Saat kamu suka membuat ulasan atau membuat refleksi atas hal-hal yang baru kamu kerjakan atau lakukan, kemampuan berpikirmu pun bisa ikut meningkat juga. Kemampuan berpikir kritis bisa terasah dengan baik saat kamu suka melakukan hal-hal yang memantik kebebasanmu berpikir dan berpendapat.

4 dari 6 halaman

3. Senantiasa Membuka Diri dengan Sudut Pandang yang Lebih Luas

Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/g/PRImageFactory

Makin banyak hal yang kamu pelajari bisa membuatmu menyadari bahwa ada banyak hal yang belum kamu pahami dengan baik. Dengan kesadaran ini kamu bisa termotivasi untuk membuka diri terhadap hal-hal baru dengan sudut pandang yang berbeda dan lebih luas lagi. Saat kamu sudah terbiasa meluaskan pandangan dan wawasan, maka kamu bisa lebih leluasa berpikir kritis dan ketajaman pikiran terus terasah dengan lebih baik lagi.

5 dari 6 halaman

4. Bersemangat Menguasai Kecakapan Baru

Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/g/worawee

Makin banyak hal yang kamu pelajari, makin mahir kamu dalam menguasai kecakapan atau kemampuan tertentu. Semangat yang tinggi dalam belajar hal-hal baru dan kecakapan baru menjadi sinyal positif bahwa kamu bisa menjadi pribadi yang lebih cerdas dengan bertambahnya usia. Usia bahkan bukan menjadi penghalang untuk belajar sesuatu yang baru.

6 dari 6 halaman

5. Punya Sikap Rendah Hati untuk Terus Belajar

Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/id/g/xmee

Orang yang cerdas secara emosi akan menyadari bahwa diri mereka tak sempurna. Namun, ketikdaksempurnaan yang ada bukanlah penghalang untuk menjadi orang yang sukses. Justru dengan menyadari itu, ada sikap rendah hati yang dimiliki dan menjadi pendorong untuk terus mau belajar dalam menjalani hidup. Semangat belajar yang tinggi menjadi tanda dirimu pun bisa makin cerdas seiring bertambahnya usia.

Semoga kamu pun termasuk orang yang bisa main cerdas seiring dengan bertambahnya usiamu, ya. Tetap semangat jalani hidup dengan kemampuan terbaikmu.