5 Kebiasaan yang Harus Kamu Tinggalkan Agar Hidup Makin Bahagia

Mimi Rohmitriasih diperbarui 02 Jul 2023, 11:15 WIB

Fimela.com, Jakarta Siapa yang tak ingin hidupnya bahagia? Bisa dipastikan, bahwa semua orang ingin hidupnya bahagia dan penuh suka cita. Sayangnya, ini tak diimbangi dengan kebiasaan yang bikin bahagia. Beberapa orang justru memiliki beberapa kebiasaan yang bisa memperburuk hidupnya. Beberapa kebiasaan membuat seseorang sangat susah mencapai kebahagiaan yang ia harapkan. 

Jika kamu menginginkan hidup bahagia dan penuh canda tawa, ada beberapa kebiasaan yang penting untuk kamu tinggalkan. Awalnya mungkin sangat susah untuk meninggalkan kebiasaan ini.Tapi lambat laun, kamu akan melaluinya. Inilah beberapa kebiasaan tersebut Sahabat Fimela.

2 dari 6 halaman

Menghabiskan Waktu Bersosial Media

Ilustrasi Aktivitas di Media Sosial Credit: unsplash.com/Austin

Bermain sosial media memang menyenangkan. Scrol instagram, tiktok dan sejenisnya, akan menghabiskan banyak sekali waktumu. Sayangnya, kamu tak pernah menyadari akan hal ini. Ini termasuk kebiasaan buruk yang bisa menghambat bahagiamu.

Terlebih lagi, jika kamu gemar melihat isi sosial media orang lain yang dinilai lebih mewah, wah dan bahagia melebihi hidupmu. Kurang bijak dalam bersosial media, bisa berdampak negatif pada hidupmu. Salah satu dampaknya yakni menghilangkan rasa syukur dan bahagia di hatimu.

3 dari 6 halaman

Terlalu Konsumtif

Ilustrasi Berbelanja Credit: pexels.com/Hello

Apakah kamu terbiasa membeli barang yang sebenarnya tak terlalu kamu butuhkan? Perilaku yang terlalu konsumtif, hanya akan menghapus rasa syukur dan bahagia dalam dirimu. 

Kebiasaan membeli barang terlalu banyak, membeli barang yang tak dibutuhkan dan membeli barang hanya karena tak mau ketinggalan dari orang lain, sudah pasti membuat hidupmu bakal hancur ke depannya. Apalagi jika pendapatanmu selama ini berada jauh di bawah keinginanmu untuk membeli segala sesuatunya. 

4 dari 6 halaman

Iri Akan Kebahagiaan Orang Lain

Ilustrasi Perasaan Iri dan Dengki Credit: pexels.com/pixabay

Melihat orang lain bahagia, sudah seharusnya bikin kamu bahagia juga. Tapi, jika saat melihat orang lain kamu merasa iris, tidak suka bahkan membencinya, ini akan merusak kebahagiaanmu sendiri. 

Sikap iri adalah salah satu sikap yang paling menghancurkan kebahagiaan dalam diri. Apapun alasannya, jangan pernah merasa iri pun dengki terhadap kebahagiaan orang lain. 

5 dari 6 halaman

Menyesali Masa Lalu

Ilustrasi/copyright shutterstock.com

Tidak semua masa lalu indah dan menyenangkan. Beberapa pelajaran hidup di masa lalu, begitu menyakitkan dan mengecewakan. Apapun masa lalumu, jadikan itu pelajaran berharga untuk menjadi pribadi lebih baik di masa depan. 

Jangan pernah menyesali hal buruk yang terjadi di masa lalu. Terlalu larut dalam penyesalan ini, akan membuat siapapun sangat sulit untuk bahagia dan bersyukur dengan hidupnya saat ini. 

6 dari 6 halaman

Mengejar Kebahagiaan Secara Berlebihan

Ilustrasi peremlouan galau/copyright unsplash.com/Chris Yang

Kunci bahagia adalah menjadi dirimu sendiri, apa adanya, sederhana dan jalani apa yang ada. Terlalu mengejar kebahagiaan, punya harapan terlalu besar untuk bahagia, justru membuatmu susah buat bahagia. 

Kebiasaan terlalu mengejar kebahagiaan dengan menjadi pribadi sempurna dengan cara memaksa, hanya akan menghacurkan hidup pun kenyamanan dalam dirimu. Tanpa kamu kejar secara berlebihan, kebahagiaan akan hadir dengan mudahnya. 

Itulah sekian kebiasaan yang bisa menghambat kebahagiaan dalam dirimu. Tinggalkan kebiasaan di atas agar hidupmu lebih bahagia pun bermakna Sahabat Fimela. Meski awalnya cukup sulit, bukan berarti akan terus sulit selamanya. Pelan tapi pasti, kamu pun akan terbiasa tanpa kebiasaan di atas.