7 Tanda Sikap Kamu Sudah Menjadi Perempuan yang Dewasa

Febi Anindya Kirana diperbarui 24 Jun 2023, 14:15 WIB

Fimela.com, Jakarta Terkadang kita bertanya-tanya apakah kita sudah cukup dewasa sebagai manusia? Kita melakukan banyak hal dan merasa seprtinya tidak banyak yang berubah dari diri kita. Tapi tahukah kamu bahwa ternyata ada banyak tanda yang bisa dilihat jika kamu sudah berubah menjadi pribadi yang dewasa. Kalau-kalau kamu lupa dan meragukan apakah dirimu sudah dewasa, coba lihat sekian hal berikut ini. Ini sekian pertanda kamu sudah dewasa.

What's On Fimela
2 dari 8 halaman

1. Punya pekerjaan tetap

ilustrasi perempuan bekerja/PanuShot/Shutterstock

Orang dewasa sudah seharusnya memiliki pekerjaan tetap dan stabil. Secara alami kamu merasa harus menjadi pribadi yang produktif dan mampu membayar kebutuhanmu sendiri. Dalam studi Mattress Firm, sebesar 78% milenial berpikir bahwa memiliki pekerjaan tetap adalah salah satu ciri oang dewasa sejati.

3 dari 8 halaman

2. Mandiri secara finansial

ilustrasi perempuan bekerja/ProStockStudio/Shutterstock

Orang dewasa cenderung mandiri atau independen dalam banyak hal, terutama dalam hal keuangan. Kamu lumayan stabil secara finansial, tidak lagi minta uang kepada orang tua, punya penghasilan sendiri dan malu jika harus meminta. Kamu bahkan sudah bisa memberi uang atau membelikan sesuatu untuk orangtuamu dalam jumlah yang cukup. Itu adalah bukti kedewasaan yang kuat.

4 dari 8 halaman

3. Membayar semua kebutuhanmu

ilustrasi perempuan dewasa/Chokniti-Studio/Shutterstock

Kamu adalah orang dewasa sejati jika sudah bisa membayar kebutuhanmu sendiri. Kebutuhan makan, kebutuhan pulsa, internet, dan segala tagihanmu sendiri, baik itu tagihan listrik, tagihan air, pajak penghasilan, pajak kepemilikan barang, asuransi kesehatan dan lain sebagainya. Kamu mengandalkan diri sendiri untuk bertanggung jawab atas pengeluaranmu. Sebisa mungkin kamu mencukupi hal ini tanpa perlu bantuan orang lain.

5 dari 8 halaman

4. Membuat rencana pengeluaran bulanan

ilustrasi perempuan dewasa mental kuat/Dean Drobot/Shutterstock

Tanda kedewasaan lainnya adalah sadar akan pengelolaan uang bulanan. Kamu membagi gajimu menjadi berbagai keperluan, belanja bulanan, tabungan, uang darudat dan lain sebagainya. Kamu memiliki perencanaan yang baik sehingga tahu ke mana uangmu pergi selama ini. Kamu memastikan tidak kekurangan dengan perencanaan keuangan yang baik. Kamu bahkan masih bisa membeli barang-barang untuk memanjakan dirimu sendiri seperti membeli ponsel, motor, baju, dan lain sebagainya.

6 dari 8 halaman

5. Datang kerja tepat waktu

ilustrasi perempuan dewasa/Dean Drobot/Shutterstock

Orang dewasa menunjukkan etika kerja dan integritas yang baik, salah satunya dalam menjalani pekerjaan. Jika kamu tipe orang yang suka telat datang, pasti kesannya negatif, karena tandanya kamu kurang menghargai waktu dan tidak disiplin. Orang dewasa menunjukkan sikap serius, menghargai waktu, rajin dan disiplin. Jadi jika kamu datang tepat waktu, kamu sudah membangun karakter orang dewasa yang baik.

7 dari 8 halaman

6. Hidup terpisah dari orangtua

ilustrasi perempuan mandiri/ORION PRODUCTION/Shutterstock

Seringkali orang menganggap bahwa hidup mandiri terpisah dari orang tua adalah sebuah bentuk kemandirian dan kedewasaan. Tapi seringkali di Indonesia orangtua masih menginginkan anak-anaknya untuk tinggal di rumah meski sudah dewasa. Kamu tidak lagi bergantung pada orangtua, apalagi mengandalkan uang orangtua untuk biaya hidup. Tidak numpang makan, numpang tidur, numpang lain sebagainya.

8 dari 8 halaman

7. Belajar banyak keterampilan

ilustrasi perempuan memasak/copyright by YAKOBCHUK VIACHESLAV (Shutterstock)

Kamu bukan hanya membayar sewa rumah atau kosmu sendiri, tapi juga belajar banyak keterampilan seperti membersihkan rumah, mencuci piring, membuang sampah, mengganti seprei kasur, mengepel, memasak dan mencuci baju sendiri. Kamu bahkan tahu cara menjaga baik barang-barang yang kamu miliki. Kamu belajar banyak keterampilan hidup demi mendukung kemandirianmu sebagai orang dewasa. Kamu hidup tanpa merepotkan orang lain.

Itu dia sekian tanda kamu sudah menjadi perempuan dewasa selama ini, Sahabat Fimela.

#Breaking Boundaries