5 Tanda Perempuan Cerdas dari Cara Hidup Sederhana

Endah Wijayanti diperbarui 16 Jun 2023, 15:15 WIB

Fimela.com, Jakarta Orang-orang di sekitarmu mungkin sering menganggapmu biasa saja. Gaya hidupmu sederhana, tak pernah terlihat berlebihan dalam menjalani keseharian. Bahkan mungkin kamu juga sering menganggap dirimu sendiri bukan orang istimewa.

Namun, bisa jadi sebenarnya kamu termasuk golongan perempuan cerdas. Di balik cara hidupmu yang sederhana, kamu memiliki kecerdasan yang baik. Tanda-tandanya bisa dilihat dari caramu menjalani hidup dengan seimbang tanpa merasa stres berlebihan. Selengkapnya, simak uraiannya di bawah ini.

 

 

2 dari 6 halaman

1. Punya Kesadaran Diri yang Baik

ilustrasi perempuan mandiri/santypan/Shutterstock

Mengutip laman alumni.msu.edu, kesadaran diri membantu kita berhubungan dengan kebutuhan psikologis dan fisiologis kita — mengetahui apa yang kita butuhkan, apa yang tidak kita butuhkan, dan kapan saatnya mencari bantuan tambahan. Saat kamu punya kesadaran yang baik kamu bisa lebih mudah menemukan dan menciptakan keseimbangan dalam hidup. Dengan cara hidup yang sederhana kamu bisa punya waktu dan energi yang lebih banyak untuk menata dan mewujudkan prioritas hidup sesuai kebutuhanmu.

 

 

3 dari 6 halaman

2. Menjaga Pola Pikir Positif

ilsutrasi perempuan dewasa/Makistock/Shutterstock

Dengan kesederhanaan yang kamu miliki kamu bisa lebih mudah menata pikiran dan menjaga pola pikir yang lebih baik. Kamu tahu hal-hal apa saja yang perlu diselesaikan lebih dulu sebelum yang lain. Tidak terbebani dengan perkara duniawi yang berlebihan, kamu bisa lebih terbuka dalam menyambut ragam pengalaman hidup. Saat ada pengalaman tak menyenangkan dan kamu bisa memetik hikmah dan pelajaran di dalamnya, maka kamu sebenarnya memiliki mental yang lebih kuat di dalam dirimu.

 

 

4 dari 6 halaman

3. Suka Memperbanyak Pengalaman Baru

ilustrasi perempuan cantik/Image by pressfoto on Freepik/Shutterstock

Hidup sederhana bukan berarti membatasi diri. Justru membebaskan diri dari hal-hal yang cuma memberi kesenangan sesaat. Kamu pun terus membuka diri untuk mencoba ragam pengalaman baru. Semangatmu mencoba hal-hal baru menunjukkan kamu punya kesadaran untuk terus tumbuh dengan wawasan dan pengalaman yang memperkaya jiwa.

 

 

5 dari 6 halaman

4. Mampu Mengontrol Emosi dengan Baik

ilustrasi perempuan dewasa/Asti Mak/Shutterstock

Cara dan kemampuan mengontrol emosi yang baik dapat mencerminkan kecerdasan emosional yang baik pula. Mengutip buku How to Love, emosi itu seperti cuaca, selalu berubah dari waktu ke waktu. Dengan kata lain, mengendalikan emosi mirip dengan cara kita merespons cuaca yang berubah-ubah. Seperti memakai payung saat hujan atau mengenakan baju yang lebih tebal saat cuaca dingin. Mengendalikan emosi secara dewasa adalah dengan menanggapinya secar tepat. Memiliki kemampuan ini akan membantumu untuk bisa tetap kuat dan bertahan melewati masa-masa sulit hidup.

 

 

6 dari 6 halaman

5. Menghargai Kehidupan yang Dijalani

ilustrasi perempuan bekerja/220 Selfmade studio/Shutterstock

Menjadi cerdas bisa diartikan memiliki akal budi yang baik pula. Ketika kamu bisa menghargai kehidupan yang kamu jalani, maka sebenarnya ada kemampuan mental yang lebih kuat yang kamu miliki. Di balik kebiasaanmu hidup sederhana, saat kamu bisa menjalani hidupmu dengan hati penuh syukur dan rasa bangga, ada kenyamanan yang bisa kamu rasakan sendiri. Hal ini pun akan mendorongmu untuk makin bersemangat menjalani hidup yang lebih bermakna lagi.

Tetaplah bahagia dan nyaman dengan kehidupan yang kamu jalani, ya.