5 Tanda Dirimu Makin Cerdas di Usia Saat Ini

Endah Wijayanti diperbarui 17 Jun 2023, 08:15 WIB

Fimela.com, Jakarta Kecerdasan seseorang tak hanya ditentukan dengan nilai IQ yang dimiliki. Bahkan IQ juga sebenarnya progresif. IQ bisa bertambah bahkan berkurang sampai 20 poin.

Mengutip buku Almost Adulting, ada penelitian dari profesor developmental psychology di Cornell University yang menyebutkan IQ bisa fluktuatif juga. Inteligensi manusia atau kecerdasan manusia tidak datang "dari sananya". Pengalaman hidup bisa mengubah IQ bahkan kecerdasan otak kita. Bagi kamu yang dulu merasa payah atau malah mencap dirimu sebagai orang bodoh bisa jadi saat sudah lebih cerdas. Yuk, luangkan waktu untuk mengenal perubahan baik dalam hidupmu yang menjadi tanda ada kecerdasan yang sebenarnya meningkat di dalam dirimu.

 

 

2 dari 6 halaman

1. Tidak Lagi Ciut Menyikapi Kegagalan

Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/id/g/wichayada+suwanachun

Kamu punya pemahaman yang baik soal growth mindset, yaitu percaya bahwa kecerdasan dapat tumbuh. Dari sini, kamu pun meyakini bahwa kesuksesan dan kegagalan adalah bagian dari proses untuk menjadi pribadi yang lebih baik. Dirimu yang saat ini bisa lebih bijak dalam menyikapi kegagalan menjadi tanda bahwa kamu sudah bertumbuh dengan lebih baik dan punya mental yang lebih kuat juga.

 

 

3 dari 6 halaman

2. Lebih Terbuka Menyambut Pengalaman Hidup

Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/id/g/Tong_stocke

Pengalaman hidupmu memang tak selalu manis. Bahkan banyak hal-hal pahit dan getir yang sudah kamu rasakan. Namun, ketika di usia ini kamu sudah lebih terbuka dalam menerima semua pengalaman hidup yang ada, kamu sudah punya kemampuan mengelola emosi yang lebih baik. Kecerdasan emosional pun sudah lebih baik dari sebelumnya.

 

4 dari 6 halaman

3. Punya Semangat untuk Terus Belajar

Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/id/g/tuaphoto

 

Semangatmu saat ini yang selalu membuatmu suka dan mau belajar hal-hal baru menjadi tanda positif ketajaman pikiranmu akan terus terasah. Saat ketajaman pikiran senantiasa terasah, kecerdasanmu bisa ikut meningkat. Mempelajari bidang baru atau menekuni kecakapan baru akan memperkaya pengalaman sekaligus meningkatkan kecerdasanmu.

 

 

5 dari 6 halaman

4. Dapat Mengelola Stres dengan Lebih Tenang

Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/id/g/Chakkrit

Kamu punya cara sendiri dalam meredakan stres. Mampu menyikapi tekanan hidup dengan lebih tenang. Kemampuanmu yang sudah lebih baik dalam mengelola stres menjadi tanda bahwa kamu bisa melewati masa-masa sulit dengan lebih mudah. Persoalan dan tantangan hidup yang baru pun bisa kamu sikapi dengan lebih bijak.

 

 

6 dari 6 halaman

5. Makin Menghargai Proses yang Diusahakan

Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/id/g/xmee

Dalam hidup kadang kita dihadapkan pada kenyataan pahit saat hasil yang kita dapatkan ternyata tak sesuai keinginan. Bahkan setelah berusaha keras kadang hasilnya tak sepadan. Menyikapi hal ini awalnya memang sulit. Namun, ketika kamu sudah lebih menghargai proses dan tidak lagi gampang frustrasi dengan hasil yang di luar ekspektasi, maka kecerdasanmu sudah lebih baik dari sebelumnya. Kemampuan mengatasi krisis pun bisa makin baik.

Tetap semangat untuk terus bertumbuh dan berkembang menjadi pribadi yang lebih baik, ya. Semoga ke depannya kamu pun bisa makin bahagia menjalani hidupmu.