5 Sikap Buruk yang Membuat Seseorang Rentan Dijauhi Orang Lain

Mimi Rohmitriasih diperbarui 13 Jun 2023, 15:15 WIB

Fimela.com, Jakarta Sikapmu pada orang lain, akan menunjukkan bagaimana sikap orang lain padamu. Ketika kamu memiliki sikap dan karakter yang baik, lingkungan sekitarmu pun akan memberikan kebaikannya padamu. Sebaliknya, ketika sikapmu buruk dan tidak bisa diterima orang lain, hal ini rentan membuatmu dijauhi, kesepian dan selalu sendiri meski sebenarnya banyak dukungan di sekitarmu. 

Ada beberapa sikap yang membuat seseorang begitu mudah didekati orang lain, dihargai dan dicintai. Ada pula, sikap yang membuatnya sangat rentan dijauhi dan dikuncilkan dari sekitarnya. Seperti halnya beberapa sikap berikut ini.

What's On Fimela
2 dari 6 halaman

Sombong

ilustrasi / theshots.co/Shutterstock

Meski kamu memiliki segalanya baik harta, tahta dan kuasa, tak ada yang perlu disombongkan dengan itu semua. Sikapmu yang sombong, bisa membuat orang lain tak nyaman. Ini rentan membuat mereka menjauhi dan tak peduli padamu. Kesombongan tak hanya bikin orang lain menjauh, ini adalah awal kehancuran dari segala apa yang kamu miliki selama ini.

3 dari 6 halaman

Suka Ingkar Janji

ilustrasi perempuan berkacamata/pugler/Shutterstock

Tak ada orang yang bisa terima ketika kepercayaannya dikhianati. Tidak ada pula orang yang terima ketika janji yang telah dibuatnya diingkari begitu saja. Sikap suka ingkar janji akan menurunkan kualitas dalam dirimu. Ini juga akan membuatmu susah dipercaya oleh orang lain. Akan sangat sulit bagi orang lain menerima sikapmu. Terlebih lagi, jika kamu tak pernah menyadari akan kesalahanmu ini. Dan kamu melakukannya berulang kali. 

4 dari 6 halaman

Manipulatif, Drama

ilustrasi kepribadian perempuan/Photo by doil oh on Unsplash

Sangat mudah bagi orang lain untuk menjauhi dan tak lagi percaya padamu. Bersikaplah manipulatif dan drama di hadapan mereka. Sikap ini bisa bikin orang lain dengan sangat cepat menjauh darimu. Beberapa dari mereka bahkan tak lagi ingin kenal atau sekedar tahu akan sosokmu.

5 dari 6 halaman

Egois

ilustrasi zodiak perempuan/Photo on Unsplash

Karakter atau sikap egois, sering kali ini orang lain merasa kecewa, tidak nyaman dan sakit hati. Ketika kamu bersikap egois, ingin menang sendiri dan bahkan keras kepala, sangat mudah bikin orang lain menjauh darimu. Sangat mudah bagi mereka untuk tak lagi peduli padamu. Bahkan ketika kamu sangat memerlukan kehadiran mereka di hidupmu.

6 dari 6 halaman

Melihat Orang Lain Sebagai Musuh

ilustrasi perempuan kacamata/Photo by reza gholami on Unsplash

Pernahkah kamu melihat orang lain sebagai musuh, tandingan atau lawan? Jika hal ini terjadi padamu, akan sangat mudah bagi orang lain untuk menjauhimu. Akan sangat mudah bagi orang lain untuk tak lagi mengenalmu. 

Itulah sekian sikap buruk dalam diri seseorang yang rentan bikin orang lain menjauh darinya. Sikap yang buruk, akan berdampak buruk pula bagi kehidupanmu di masa depan. So, pastikan untuk tetap bersikap dan berbuat baik demi masa depan yang lebih indah pun cemerlang. Semoga informasi ini bermanfaat.