Banyak Orang Tidak Sadar dengan 3 Efek Berbahaya dari Susu Oat

Fimela Reporter diperbarui 21 Jun 2023, 13:35 WIB

Fimela.com, Jakarta Beberapa tahun belakangan ini, banyak orang yang mengonsumsi susu oat sebagai alternatif dari susu sapi. Banyak orang yang mengonsumsinya karena dipercaya lebih rendah kalori dibanding dengan susu lainnya. Susu ini menjadi incaran utama bagi orang yang sedang menjalani program diet. 

Tidak hanya itu, bagi orang yang alergi dengan produk diary atau laktosa, susu oat adalah pilihan yang tepat sebagai pengganti susu sapi. Bagi para vegetarian ataupun vegan, mereka akan lebih memilih susu oat untuk dikonsumsi. 

Akan tetapi, terlepas dari manfaat yang dimiliki susu oat, ada pula efek samping yang cukup berbahaya bagi tubuh. Lantas, apa saja efek samping tersebut? Simak selengkapnya berikut ini.

What's On Fimela
2 dari 4 halaman

1. Memicu Diabetes

Ilustrasi Diabetes Credit: pexels.com/pixabay

Banyak susu oat yang dijual secara komersial yang ditambahkan gula dalam jumlah melimpah. Tentu jika kamu mengonsumsi susu oat instan dalam kadar yang banyak, akan berpotensi terserang diabetes. Hal ini dikarenakan susu oat produksi pabrik mengandung banyak pemanis buatan, pengental, bahkan pengawet.

Pada dasarnya, susu oat hanya terbuat dari oat dan air saja. Susu yang seharusnya menjadi sehat karena berbahan dasar alami, menjadi berbahaya karena telah melalui berbagai proses produksi. Dengan proses itulah, kalori yang terkandung akan bertambah.

3 dari 4 halaman

2. Tubuh Kurang Mendapat Nutrisi

Ilustrasi Tubuh Lemas Credit: pexels.com/Andrea

Bagi para vegan yang enggan mengonsumsi produk hewani ataupun mereka yang memiliki alergi terhadap laktosa, pasti akan beralih ke susu oat. Padahal, susu oat tidak mengandung kalsium yang cukup bagi tubuh. Apalagi jika dikonsumsi bagi anak-anak yang sedang mengalami tumbuh kembang. 

Tentu hal ini cukup berbahaya karena tubuh kurang mendapat asupan nutrisi. Apalagi disaat melalui proses produksi di pabrik, nutrisi yang terkandung dalam susu oat akan semakin berkurang. 

4 dari 4 halaman

3. Menimbulkan Rasa Kembung

Ilustrasi Kembung/sitthiphong/Shutterstock

Jika kamu mengalami masalah pada pencernaan, sebaiknya hindari konsumsi susu oat. Susu oat dapat memicu peningkatan gas perut yang akan menimbulkan gejala perut kembung. 

Susu oat mengandung serat yang tinggi. Ketika seseorang tidak terbiasa mengonsumsi makanan yang tinggi akan serat, maka akan memicu kembung. Apalagi jika dikonsumsi dalam jumlah berlebih. Ada baiknya untuk mengonsumsi susu oat dengan kondisi perut terisi agar perut tidak terasa kembung.

Itu dia beberapa efek samping buruk yang akan dirasakan oleh tubuh saat mengonsumsi susu oat, khususnya dalam jumlah banyak. Walaupun bermanfaat, sebaiknya konsumsi susu oat dalam kadar yang pas agar manfaatnya benar-benar efektif. 

Penulis : Auliani Faiziah Haspari