5 Kesalahan yang Harus Dihindari saat Mewarnai Rambut di Rumah

Fimela Reporter diperbarui 02 Jun 2023, 07:45 WIB

Fimela.com, Jakarta Saat ini banyak tren warna rambut yang menggoda untuk dicoba. Mengubah warna rambut akan memberi penampilan yang lebih segar dan menarik. Mewarnai rambut tidak harus selalu di salon, melakukannya di rumah dengan peralatan seadanya pun bisa. Kuncinya adalah melakukan teknik yang tepat agar hasil sempurna.

Namun sayangnya, banyak kesalahan yang sering dilakukan orang saat mewarnai rambut di rumah. Kesalahan ini akan membuat hasil mewarnai rambut jadi buruk bahkan merusak rambut. Berikut kesalahan yang harus dihindari saat mewarnai rambut di rumah melansir dari Glam.

What's On Fimela
2 dari 6 halaman

1. Jangan Mencuci Rambut Sesaat Sebelum Mewarnai Rambut

Ilustrasi Keramas/copyright shutterstock

Hal utama yang harus dilakukan adalah jangan mencuci rambut 24 jam sebelum mewarnainya. Minyak yang dihasilkan kulit kepala akan hilang sesaat setelah mencucinya, padahal minyak ini dibutuhkan untuk menjadi pelindung. Mewarnai rambut bisa menyebabkan rambut iritasi, dalam hal inilah minyak rambut berperan untuk melindungi.

3 dari 6 halaman

2. Jangan Mewarnai Rambut Secara Tidak Merata

ilustrasi Cara Bleaching Highlight Rambut/hedgehog94/shutterstock

Mewarnai rambut secara merata di rumah adalah hal sulit karena jangkauan tangan dan pandangan. Warna rambut yang tidak merata bisa menyebabkan kerusakan pada beberapa bagian saja. Hal ini menyulitkan perawatan rambut karena rambut yang diwarnai membutuhkan perawatan berbeda dari rambut dengan warna asli. Untuk mengatasi hal ini, cobalah minta bantuan orang lain.

4 dari 6 halaman

3. Mewarnai Rambut dengan Asal

Ilustrasi rambut rusak/copyright shutterstock

Jangan mewarnai rambut dengan asal akan menyebabkan kerusakan atau warna tidak merata. Ikutilah instruksi kemasan dengan baik. Misalnya dengan cara mencampur pewarna dan berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mendiamkan krim pewarna. Instruksi mewarnai dibuat untuk memberi hasil sempurna tanpa merusak rambut, maka ikutilah tiap langkahnya dengan hati-hati.

5 dari 6 halaman

4. Jangan Mencuci Rambut Setelah Mewarnainya

Ilustrasi keramas/copyright shutterstock

Kesalahan besar lain yang sering dilakukan adalah mencuci rambut satu hari setelah mewarnai. Beberapa formula shampoo akan melunturkan warna rambut, sehingga mencuci sesaat setelah mewarnainya menjadi kesalahan fatal. Cara terbaik adalah dengan menunggu setidaknya 48 hingga 72 jam setelah mewarnai rambut untuk mencucinya.

6 dari 6 halaman

5. Jangan Menggunakan Alat Panas

Ilustrasi mengeringkan rambut/copyright shutterstock

Rambut yang telah diwarnai, jangan sampai terkena alat panas seperti hair dryer, alat catok, dan lainnya. Alat panas akan membuat rambut pudar dan kusam, bahkan yang terburuk menyebabkan kerusakan akibat reaksi kimia yang terkena panas. Alangkah lebih baik menunggu beberapa hari setelah mewarnai rambut bila ingin menggunakan alat panas untuk menata rambut.

Mewarnai rambut adalah hal menyenangkan untuk dilakukan karena memberi penampilan fresh dan baru. Perhatikan cara penggunaan dan teknik yang baik agar warna rambut mendapat hasil sempurna.

Penulis: Mufiidaanaiilaa A.S