5 Strategi Ampuh bagi Introver untuk Bergaul

Fimela Reporter diperbarui 18 Mei 2023, 14:15 WIB

Fimela.com, Jakarta Ada 2 kepribadian yang dikenal bagi banyak orang, yaitu ekstrovert dan introvert. Kedua kepribadian tersebut sangat bertolak belakang. Ekstrovert cenderung dikenal sebagai sosok yang mudah bergaul dan beradaptasi dengan orang banyak. Dan introvert sering dikenal sebagai sosok yang pemalu dan menyukai ketenangan.

Banyak orang yang menganggap bahwa introvert memiliki waktu dan usaha lebih untuk berkoneksi dengan orang. Para introvert memiliki cara tersendiri untuk bergaul. Tetapi sebenarnya, ada juga sih introvert yang memang kesulitan dalam bergaul. 

Nah, jika kamu tipe introvert yang sulit untuk bersosialisasi karena takut canggung, mungkin kamu bisa mengikuti 5 trik ampuh di bawah ini. 

What's On Fimela
2 dari 6 halaman

1.

Ilustrasi circle/copyright shutterstock/KaptureHouse

Agar kamu tidak terlalu takut untuk mulai bersosialisasi, kamu bisa mengobservasi lingkungannya terlebih dahulu. Coba perhatikan seperti apa kultur yang ada di dalam lingkaran itu, apakah kira-kira cocok denganmu atau tidak. Kamu juga bisa mengamati agar tidak mengambil salah langkah ketika berbincang dengan mereka. 

3 dari 6 halaman

2. Banyak Tersenyum

ilustrasi sahabat/220 Selfmade studio/Shutterstock

Hal paling mudah untuk bersosialisasi adalah dengan sering tersenyum atau menyapa orang terlebih dahulu. Hal ini akan membuat orang lain berpikir bahwa kamu adalah orang yang ramah dan reachable. Dengan kesan pertama yang baik, maka akan tercipta hubungan yang baik juga. 

4 dari 6 halaman

3. Memulai Pertemanan Kecil

Ilustrasi teman. /https://unsplash.com/Felix Rostig

Jangan memaksakan diri untuk masuk ke segala lingkaran pertemanan. Kamu bisa memulai pergaulan dari lingkungan kecil terlebih dahulu. Dengan cara seperti ini, kamu akan terbiasa dan terlatih untuk menempatkan diri di keramaian dan berkomunikasi dengan banyak orang. 

5 dari 6 halaman

4. Menggunakan Komunikasi Dua Arah

ilustrasi teman/milatas/Shutterstock

Jika kamu ingiv diterima baik oleh orang, kamu harus membuat mereka nyaman. Saat berkomunikasi, usahakan untuk membangun komunikasi dua arah. Komunikasi ini melibatkan dua pihak dan membuat perbincangan lebih aktif. Bagaimana caranya? Caranya adalah dengan menghindari pertanyaan-pertanyaan yang jawabannya hanya ya atau tidak.

6 dari 6 halaman

5. Sering Memberi Pujian

ilustrasi sahabat/Photo by Bagas Muhammad on Unsplash

Setiap orang pasti suka untuk dipuji. Dalam pergaulan, jika kamu ingin diterima dengan hangat, kamu bisa melemparkan beberapa pujian yang tulus. Jangan melebih-lebihkan, pujilah secukupnya sesuai apa yang kamu lihat di dirinya. Dengan cara ini, orang lain akan senang untuk berinteraksi denganmu. 

Nah, untuk para introvert yang merasa sulit untuk bergaul dan beradaptasi di lingkungan baru, kalian bisa mencoba melakukan 5 trik di atas. Tapi satu hal yang harus kamu lakukan adalah dengan meningkatkan rasa percaya diri terlebih dahulu. Semoga membantu!

Penulis : Auliani Faiziah Haspari