5 Cara Sederhana agar Tidak Menunda-nunda Pekerjaan

Endah Wijayanti diperbarui 29 Apr 2023, 11:15 WIB

Fimela.com, Jakarta Pekerjaan apa pun tak akan selesai dengan sendirinya kalau kita tak mengerjakan dan menyelesaikannya. Hanya saja seringkali masalahnya kita cenderung suka menunda-nunda pekerjaan. Kita lebih tergerak untuk mulai bekerja ketika sudah mepet deadline.

Kalau kebiasaan menunda-nunda pekerjaan tak segera diatasi, kita bisa kewalahan sendiri. Bahkan bisa membuat kita makin gampang stres. Agar tidak lagi suka menunda-nunda pekerjaan, ada strategi sederhana yang bisa dicoba.

 

 

What's On Fimela
2 dari 6 halaman

1. Tuliskan Tugas-tugasmu

Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/id/g/wichayada+suwanachun

Coba tarik napas perlahan, lalu embuskan. Tenangkan dirimu lebih dulu. Setelah itu, hadirkan fokus baru untuk menghadapi tugas dan pekerjaanmu. Tuliskan pekerjaan, tugas, dan tenggat waktu yang harus kamu penuhi. Bisa menuliskannya di selembar kertas atau di agenda pribadimu. Dengan begini, konsentrasimu bisa lebih terpusat.

 

 

3 dari 6 halaman

2. Cicil Tugasmu Sedikit demi Sedikit

Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/id/g/xmee

Mengutip buku The Child in You terkait mengatasi kebiasaan menunda-nunda, "Set intermediate goals if the task appears insurmountable." Tetapkan tujuan menengah jika tugas atau pekerjaanmu tampaknya tidak dapat diatasi. Biasanya yang membuat kita suka menunda pekerjaan adalah karena kita sudah stres duluan dengan beban pekerjaan yang ada. Di sini, kamu bisa coba memecah pekerjaanmu jadi beberapa bagian. Lalu, cicil sedikit demi sedikit.

 

 

4 dari 6 halaman

3. Tetapkan Target Pribadi

Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/id/g/tuaphoto

Kalau ada tenggat yang harus dipenuhi, kamu memang perlu lebih disiplin dalam menepatinya. Selain itu, kamu juga bisa menetapkan target pribadi. Misalnya, ketika tenggatmu hari ini pukul 18.00, kamu bisa coba memasang target pribadi untuk menyelesaikannya pukul 16.30. Dengan begini, kamu bisa memiliki waktu yang bebas dan kamu bisa lebih bersemangat menyelesaikan pekerjaan lebih cepat agar bisa istirahat lebih cepat juga.

 

5 dari 6 halaman

4. Hadiahi Diri Sendiri

Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/id/g/Tong_stocke

 

Ini bisa menjadi motivasi atau pendorongmu untuk segera menyelesaikan pekerjaan seefisien mungkin. Kamu bisa menghadiahi dirimu sendiri. Bayangkan hal menyenangkan yang bisa kamu dapatkan atau nikmati setelah menyelesaikan pekerjaan yang ada. Memotivasi diri merupakan hal yang sangat penting agar tidak menunda-nunda pekerjaan lagi.

 

 

6 dari 6 halaman

5. Mulai dari Hal Paling Mudah

Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/id/g/Chakkrit

Hal tersulit untuk dilakukan pada dasarnya adalah memulai. Di sini, kamu bisa memulai pekerjaan atau tugasmu melalui hal yang paling mudah. Bisa juga menciptakan kondisi atau lingkungan yang paling nyaman untukmu lebih dulu agar tergerak untuk mulai mengerjakan tugasmu atau pekerjaanmu.

Yuk, motivasi dirimu agar tidak lagi menunda-nunda pekerjaan. Makin efisien waktu yang kamu gunakan untuk bekerja, makin banyak peluangmu untuk memiliki waktu istirahat yang cukup.