Cara Menyimpan Tahu agar Tidak Asam, Pakai Bahan Sederhana Ini

Endah Wijayanti diperbarui 29 Apr 2023, 10:41 WIB

Fimela.com, Jakarta Tahu bisa diolah jadi ragam lauk dan masakan yang enak. Sehingga kadang kita beli tahu yang cukup banyak untuk stok di rumah. Hanya saja kalau cara penyimpanannya kurang tepat, tahu bisa terasa asam dan ketika diolah jadi kurang sedap.

Agar tahu tidak asam, ada tips mudah yang bisa dicoba. Menggunakan bahan sederhana kita bisa menyimpan tahu jadi lebih tahan lama dan tidak asam. Selengkapnya, simak uraiannya di bawah ini.

1. Didihkan Air

Tahu yang baru dibeli bisa langsung direbus. Didihkan dulu air di panci. Kemudian masukkan tahu sampai semua terendam sempurna.

2. Tambahkan Garam dan Serai

Dalam proses perebusan tahu, tambahkan garam dan serai yang sudah digeprek. Rebus tahu selama sekitar 10 menit dengan api kecil. Setelah itu, tiriskan tahu.

What's On Fimela
2 dari 2 halaman

3. Simpan dalam Wadah Steril

Ilustrasi tumis tahu sawi putih/copyright shutterstock

Setelah tahu ditiriskan, simpan di dalam wadah steril. Wadah yang akan dipakai untuk menyimpan tahu ada baiknya disiram dengan air mendidih lebih dulu. Simpan tahu dalam wadah dan dibiarkan uap panasnya hilang.

4. Simpan di Kulkas

Setelah tahu dingin dan uap panasnya hilang, simpan tahu di dalam kulkas. Tutup rapat wadah tahu agar tidak tercampur bahan lain dan agar aromanya bisa tetap terjaga. Biasanya tahu akan tahan selama seminggu dalam kulkas.

Itu tadi tips mudah agar tahu awet dan tidak berubah asam saat disimpan. Semoga infonya bermanfaat, ya.