5 Perubahan yang Terjadi saat Terbiasa Memuji Diri Sendiri

Endah Wijayanti diperbarui 29 Apr 2023, 09:15 WIB

Fimela.com, Jakarta "Start your day with self-praise—which happens to come highly recommended. Praise yourself as often as you can. This will improve your mood and reduce any feelings of envy you may experience." Kutipan yang diambil dari buku The Child in You ini memberi gambaran soal manfaat baik yang bisa kita dapatkan saat kita bisa memuji diri sendiri. Memuji diri sendiri bisa membuat suasana hati lebih baik dan tidak gampang merasa iri atau cemburu pada orang lain.

Kalau selama ini kamu terlalu sering mengkritik diri sendiri atau merendahkan diri sendiri, kini coba biasakan untuk lebih sering memuji diri sendiri. Ada banyak manfaat yang bisa didapatkan dari kebiasaan ini. Bahkan bisa menghadirkan perubahan-perubahan positif dalam hidup kita.

 

 

What's On Fimela
2 dari 6 halaman

1. Lebih Percaya Diri

ilustrasi perempuan cantik/Svitlana Sokolova/Shutterstock

Kalau saat kecil kamu sering diabaikan atau tak dihargai, mungkin saat dewasa kamu jadi sering merasa minder dan rendah diri. Untuk bisa menjadi pribadi yang lebih percaya diri pastinya ada usaha keras yang dilakukan. Langkah pertama yang bisa diambil adalah dengan lebih sering memuji diri sendiri. Memuji diri sendiri bukan berarti kamu menjadi orang yang angkuh atau sombong, melainkan untuk lebih menghargai diri sendiri dengan lebih apa adanya.

 

 

3 dari 6 halaman

2. Tidak Gampang Cemburu dengan Orang Lain

ilustrasi perempuan eksotis/Look Studio/Shutterstock

Saat melihat orang lain yang hidupnya tampak lebih mudah dan sukses, kamu mungkin akan merasa iri atau cemburu. Ketika sudah terobsesi dalam membanding-bandingkan diri dengan orang lain, perasaanmu bisa makin memburuk sendiri. Di sinilah perlunya untuk fokus memuji diri sendiri agar kamu bisa lebih mengapresiasi kehidupanmu sendiri.

 

 

4 dari 6 halaman

3. Makin Mudah Bersyukur

Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/id/g/PRImageFactory

Hati yang mudah bersyukur pada dasarnya akan mudah bahagia juga. Untuk bisa menghadirkan rasa syukur, salah satu caranya adalah merasa cukup dengan semua yang kita miliki saat ini. Hadirkan pujian atas hal-hal yang sudah kamu miliki saat ini. Sampaikan hal dan kesan baik atas kehidupan yang kamu miliki, maka hatimu akan terasa lebih tenang.

 

 

5 dari 6 halaman

4. Lebih Mudah Berpikir Positif

Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/g/PRImageFactory

Saat ada ujian dan cobaan yang hadir dalam hidup, kamu mungkin akan merasa tertekan dan sulit berpikir jernih. Sebelum makin terpuruk dalam pikiran-pikiran buruk, kamu bisa menjernihkan pikiran dengan menghadirkan pujian untuk diri sendiri. Pujilah diri sendiri yang sudah berjuang dan bertahan dengan baik, maka dari situ kamu akan lebih mudah berpikir positif. Hatimu bisa terasa lebih nyaman.

 

 

6 dari 6 halaman

5. Bisa Mengatasi Masalah dengan Lebih Tenang

ilustrasi perempuan bahagia/mimagephotography/Shutterstock

Masalah dan persoalan hidup memang akan datang silih berganti. Ada masa-masa yang memang akan membuatmu terpuruk, tetapi pada dasarnya setiap masalah yang hadir akan menempa mentalmu jadi lebih kuat. Dengan terbiasa menguatkan diri dan menyampaikan hal-hal baik terhadap diri sendiri, kamu bisa lebih tenang dalam menghadapi masalah yang ada. Sehingga kamu pun bisa lebih mudah mengelola dan meredakan stresmu.

Itu tadi lima manfaat yang bisa didapatkan dari kebiasaan memuji diri sendiri. Semoga bisa menjadi informasi yang bermanfaat, ya.