Tips agar Mengepel Tidak Timbul Bau Amis

Fimela Reporter diperbarui 07 Mei 2023, 18:45 WIB

Fimela.com, Jakarta Agar rumah terasa nyaman untuk ditempati, tentu harus selalu menjaga kebersihan rumah. Caranya bagaimana? Tentu dengan sering-sering membersihkan rumah, mulai dari menyapu hingga mengepel. Mengepel lantai rumah bertujuan untuk menghilangkan bakteri yang menempel pada lantai rumah. Tentu bakteri akan menumpuk karena lantai sering diinjak. 

Namun pasti Sahabat Fimela sering merasa sesaat setelah lantai rumah dipel, muncul bau amis, apalagi jika rumah yang menggunakan lantai keramik. Tentu hal ini sangat menyebalkan. Sudah capek-capek membersihkan, alih-alih harum, malah timbul bau yang tidak sedap. 

Jangan khawatir, masalah ini dapat teratasi dengan beberapa cara berikut ini. Simak selengkapnya di bawah ini.

What's On Fimela
2 dari 5 halaman

Pastikan Air dan Ember yang Dipakai Bersih

ilustrasi air dan ember(c) Shutterstock

Sebelum memulai proses pengepelan, kamu harus memastikan bahwa air yang kamu pakai sudah bersih. Karena ada beberapa jenis air yang memang memiliki bau tidak sedap dari awal. Selain air, kamu juga harus mengecek jika ember yang kamu pakai sudah bersih atau belum. Terkadang ember yang digunakan dapat berpengaruh menimbulkan bau. Apalagi jika ember tersebut sudah berkerak dan kotor.

3 dari 5 halaman

Menggunakan Sabun Pembersih yang Tepat

ilustrasi sabun lantai(c) Shutterstock

Ada banyak pilihan aroma yang ditawarkan para sabun atau cairan pembersih lantai. Rupanya kamu harus memilih wewangian yang tepat agar bau amis tersebut tidak muncul. Kamu bisa memilih varian aroma karbol atau cemara agar bau amis hilang. Dan jika rumahmu menggunakan lantai keramik atau marmer, sebaiknya kamu memilih sabun khusus. 

4 dari 5 halaman

Mengepel dengan Air Hangat

ilustrasi mengepel (c) Shutterstock

Sudah banyak orang yang mencoba cara mengepel dengan air hangat, dan ternyata memang terbukti ampuh. Ternyata air hangat dapat membantu melarutkan kotoran, minyak tanah, bahkan bakteri yang menempel pada lantai. Dengan ini, lantai akan tidak terasa keset dan lebih bersih.

5 dari 5 halaman

Menambah Cuka Putih

ilustrasi cuka/pixabay

Jika kamu merasa lantai menimbulkan bau amis setelah dipel, kamu bisa mengulangi proses pengepelan. Yang berbeda adalah, kamu menambahkan setengah cangkir cuka yang dicampur dengan air. Cuka berguna untuk menghilangkan bau amis dan membuat aroma lantai lebih segar. 

Nah, itulah cara yang dijamin ampuh untuk menghilangkan bau amis yang timbul setelah lantai dipel. Dengan cara ini, usahamu untuk membersihkan rumah tidak akan sia-sia. Selamat mencoba!

Penulis : Auliani Faiziah Haspari