5 Cara Tetap Bahagia meski Belum Ada Tempat Pulang yang Nyaman

Endah Wijayanti diperbarui 19 Apr 2023, 07:15 WIB

Fimela.com, Jakarta “Home isn't where you're from, it's where you find light when all grows dark.” (Pierce Brown, Golden Son) Memiliki tempat untuk pulang bisa menghadirkan kekuatan dan kebahagiaan sendiri. Setelah merantau jauh atau mengejar impian yang tinggi, bisa memiliki tempat pulang nyaman hadirkan ketenangan sendiri.

Namun, bagaimana jika kamu merasa belum punya tempat pulang yang nyaman? Walaupun mungkin kamu akan sedikit sedih saat merasakannya, tetapi masih ada kesempatan bagimu untuk bisa tetap bahagia. Kamu masih bisa mengupayakan kebahagiaanmu melalui cara-cara sederhana dan nyaman untuk dirimu sendiri.

2 dari 6 halaman

1. Berkawan dengan Kesepian

Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/g/PRImageFactory

Tak memiliki tempat yang bisa disebut rumah mungkin akan menghadirkan rasa kesepian yang cukup berat untuk dihadapi sendiri. Meskipun begitu, kamu masih bisa memilih untuk berkawan dengan kesepian itu. Mengutip buku The Comfort Book, "Obat kesepian bukanlah lebih banyak orang. Obat kesepian adalah memahami siapa diri kita." Cobalah untuk berkawan dengan rasa kesepian dengan cara memanfaatkan waktu dan kesempatan yang ada untuk lebih mengenali kelebihan dan kekurangan diri.

3 dari 6 halaman

2. Mengunjungi Tempat yang Kamu Suka

Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/g/PRImageFactory

Kamu bisa meluangkan waktu untuk mengunjungi tempat yang kamu suka. Belum punya tempat yang bisa disebut rumah atau tempat pulang yang nyaman bukanlah penghalangmu untuk bisa menemukan kebahagiaan baru. Kunjungi tempat baru atau berbeda yang bisa hadirkan suasana hati yang lebih baik. Pengalaman baru yang kamu dapatkan pada akhirnya akan membuat hidupmu jadi terasa lebih indah.

4 dari 6 halaman

3. Terhubung dengan Orang-Orang Tersayang

Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/g/PRImageFactory

Cobalah untuk tetap terhubung dengan orang-orang yang kamu sayangi. Jaga baik hubungan-hubungan yang masih bertahan. Walaupun mungkin kamu tak memiliki banyak orang yang bisa memahamimu dengan baik, tetapi setidaknya kehadiran beberapa orang sudah bisa membuat perubahan besar dalam hidup. Support system yang baik akan membuatmu bisa tetap termotivasi jalani hidup sebaik mungkin.

5 dari 6 halaman

4. Jaga Harapan Baik dalam Hidup

Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/g/PRImageFactory

Belum punya tempat pulang yang nyaman mungkin masih sering membuatmu merasa sedih dan kesepian. Meskipun begitu, cobalah untuk tetap menjaga harapan baik. Yakini bahwa kehidupanmu masih tetap berharga dan layak diperjuangkan. Mungkin saat ini kamu memang perlu fokus melakukan atau memperjuangkan sesuatu sebelum akhirnya nanti akan menemukan tempat pulang ternyaman dalam hidupmu.

6 dari 6 halaman

5. Ikuti Kata Hatimu

Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/g/PRImageFactory

Kamu bisa coba untuk lebih peka mendengarkan batinmu sendiri. Lebih jeli lagi dalam mendengarkan kebutuhanmu sendiri. Cobalah ikuti kata hatimu. Apa yang ingin kamu lakukan? Apa yang paling ingin kamu wujudkan dan perjuangkan dalam hidup? Rumah seperti apa yang ingin kamu miliki nantinya? Setelah mengetahui keinginanmu, kamu bisa lebih fokus memilih jalan terbaik untuk memperjuangkannya.

Semoga kebahagiaan senantiasa menyertaimu, ya. Terima kasih sudah bertahan dengan kuat hingga sampai ke titik ini.