Oki Setiana Dewi Kurangi Kegiatan di Akhir Ramadan, Ingin Fokus Ibadah pada Allah

Rivan Yuristiawan diperbarui 13 Apr 2023, 17:45 WIB

Fimela.com, Jakarta Bulan suci Ramadan sudah memasuki fase akhir menjelang datangnya Idulfitri. Jika sebagian orang sibuk mempersiapkan berbagai hal terkait persiapan datangnya Hari Raya Lebaran, aktris Oki Setiana Dewi memilih untuk fokus melepas bulan Ramadan dengan beribadah. Bahkan, ia sengaja untuk mengurangi aktifitas duniawi agar bisa fokus beribadah pada Allah SWT.

Hal itu diutarakan Oki Setiana Dewi saat menggelar acara silaturahmi sekaligus buka puasa bersama awak media pada Rabu (12/4/2023). Menurutnya, di 10 hari terakhir Ramadan, ia dan keluarga punya sejumlah agenda untuk fokus meningkatkan kualitas ibadah mereka.

"Masuk ke 10 hari terakhir Ramadan kami sengaja kurangi kegiatan. Besok aku dan Maryam mau ke Palu safari dakwah terakhir, ini bukber terakhir juga karena harus fokus 10 malam terakhir (Ramadan)," kata Oki Setiana Dewi di kawasan Pondok Pinang, Jakarta Selatan.

2 dari 3 halaman

Itikaf di Masjid

[Foto/istimewa]

Lebih lanjut, salah satu kegiatan rutin Oki Setiana Dewi dan keluarga di saat-saat terakhir bulan Ramadan yaitu menjalani itikaf di masjid. Hal itu menurutnya sudah dilakukan sejak lama sebagai salah satu bentuk ikhtiar mendapatkan malam Lailatul Qodar yang nilai ibadahnya tak terhingga.

"10 malam terakhir kami ada itikaf di masjid, mungkin nggak bisa 10 hr full karena di rumah juga ada urusan, walau ada itikaf tapi nggak seterusnya," tuturnya

3 dari 3 halaman

Biasakan Anak-Anak

[Foto/istimewa]

Selain mencari pahala yang berlipat untuk diri sendiri, hal lain yang juga menurut Oki Setiana Dewi penting untuk fokus beribadah di 10 hari terakhir Ramadan yaitu berkaitan dengan kebiasaan anak-anak. Ibu empat anak tersebut bermaksud untuk membiasakan empat anaknya agar memiliki pengalaman sehingga punya anggapan jika Ramadan memang merupakan salah satu momen penting bagi umat islam.

"Kita pernah itikaf di masjid bawa bantal, bawa selimut, kita juga mau anak-anak punya pengalaman untuk fokus ke Allah, fokus ibadah," pungkasnya.