Tegas, Ahmad Dhani Larang Once Bawakan Lagu-Lagu Dewa 19

Nizar Zulmi diperbarui 29 Mar 2023, 05:57 WIB

Fimela.com, Jakarta Musikus dan pencipta lagu kawakan, Ahmad Dhani membuat pernyataan tegas terkait karya-karyanya. Ia secara resmi melarang Elfonda Mekel alias Once membawakan lagu-lagu Dewa 19.

Hal tersebut ia sampaikan dalam press conference yang digelar Selasa (28/3/2023) kemarin di kawasan Jakarta Utara. Ia tampaknya tak ingin kompromi kali ini.

"Saya mengumumkan bahwa saya secara spesifik melarang Once menyanyikan lagu-lagu Dewa 19 sejak saya ucapkan di media hari ini," tegas Dhani di kesempatan tersebut.

Ahmad Dhani punya alasan tersendiri terkait pelarangan tersebut. Ia juga sudah menyiapkan lawyer yang menjelaskan konsekuensi jika Once melanggar ultimatum tersebut.

What's On Fimela
2 dari 4 halaman

Kenapa Dhani Melarang?

Cuplikan press conference tersebut juga ditayangkan melalui kanal YouTube Ahmad Dhani Dalam Berita yang dikelola tim Ahmad Dhani (29/3/2023). Di situ ia menjelaskan alasan melarang Once nyanyi lagu Dewa 19 di event maupun konser di luar sana.

"Saya menjaga marwah dan kemurnian konser-konser Dewa 19, karena Dewa saat ini sedang melakukan tur setelah Lebaran, tiap minggu 2 kali. tidak boleh ada konser-konser lain yang mengganggu/menggunakan lagu-lagu Dewa," tegasnya.

Dhani menegaskan yang dilarang dibawakan Once adalah spesifik lagu-lagu Dewa 19. "Lagu-lagu ciptaan saya yang lain boleh. seperti lagu-lagu di TRIAD atau Ahmad Band," jelas Dhani.

Ahmad Dhani larang Once nyanyikan lagu Dewa 19. (YouTube Ahmad Dhani Dalam Berita)
3 dari 4 halaman

Konsekuensi Jika Melanggar

Larangan tersebut berlaku sejak hari digelarnya preskon hingga pengumuman selanjutnya dari Ahmad Dhani. Ia menunjuk lawyer yang menyampaikan adanya konsekuensi secara hukum jika larangan itu dilanggar.

"Konsekuensinya ada secara perdata dan pidana. pidananya ada di pasal 113 UU Hak Cipta, ada sanksi pidananya jika melanggar pasal 9 ayat 1 C D E H, pidananya 3 tahun dendanya sekitar 500 juta," jelas pengacara yang mendampingi Dhani.

(YouTube Ahmad Dhani Dalam Berita)
4 dari 4 halaman

Situasi Dhani-Once

Ahmad Dhani menyebut jika jadwal manggung Dewa 19 bakal padat sampai Desember 2023. Terkait situasinya saat ini dengan Once, pertanyaan selanjutnya pun muncul. Apakah Once tak lagi manggung bareng Dewa?

Kemungkinan untuk itu sangat kecil menurut Dhani. Ia mengatakan tidak ada EO yang bisa menyanggupi bayaran Once. "EO nggak ada yang mau, karena mahal dia," kata Dhani.

Di sisi lain Baladewa juga cukup dilematis menanggapi situasi yang terjadi antara Ahmad Dhani dan Once. Mereka berharap yang terbaik untuk keduanya agar bisa menjaga hubungan secara pertemanan maupun profesional.