5 Bahan Alami yang Efektif Atasi Masalah Bau Badan

Fimela Reporter diperbarui 10 Mei 2023, 15:30 WIB

Fimela.com, Jakarta Bau badan sering menjadi masalah bagi banyak orang, terutama saat suhu meningkat serta aktivitas fisik yang padat. Namun, apa sebenarnya yang menyebabkan bau badan?

Dilansir dari Medical News Today, bau badan terjadi ketika keringat yang keluar dari kelenjar keringat mengalami reaksi dengan bakteri di kulit, terutama di daerah yang lembab dan gelap seperti ketiak, pangkal paha, dan lipatan kulit lainnya. Biasanya bau badan juga disebabkan oleh kurangnya menjaga kebersihan tubuh.

Akibat dari bau badan, sering kali membuat seseorang merasa tidak percaya diri dan melemahnya semangat untuk melanjutkan aktivitas. Akan tetapi, kamu tidak perlu khawatir karena ada beberapa cara alami untuk mengatasi bau badan.

1. Gunakan Air Lemon

Dilansir dari The Spruce Eat, lemon efektif membantu mengontrol bakteri yang menjadi penyebab bau badan. Kamu bisa memotong lemon kedalam beberapa irisan lemon, kemudian masukkan irisan lemon ke dalam botol yang berisi air hangat.

Kamu bisa menggunakan campuran ini saat mandi atau gunakan sebagai semprotan untuk membersihkan daerah-daerah tertentu seperti ketiak atau pangkal paha.

2. Minyak Kayu Putih

Minyak kayu putih efektif membantu membunuh bakteri dan mengurangi bau badan. Kamu bisa mencampurkan beberapa tetes minyak kayu putih dengan air ke dalam botol kecil, kemudian digunakan sebagai semprotan pada bagian ketiak atau pangkal paha. Selain dengan cara tersebut, kamu juga bisa mengoleskan minyak kayu putih secara langsung ke bagian-bagian lipatan kulit lainnya.

What's On Fimela
2 dari 3 halaman

Cara alami untuk mengatasi bau badan dengan bahan alami

ilustrasi air lemon. Foto: unsplash.com.

3. Baking Soda

Baking soda adalah bahan alami yang sering digunakan untuk mengatasi bau badan. Baking soda dapat mengurangi kelembaban dan membantu membunuh bakteri.

Kamu bisa menaburkan baking soda ke area tubuh yang lembab, kemudian biarkan selama beberapa menit sebelum membersihkannya dengan cara dibilas dengan air bersih.

4. Minyak Kelapa

Minyak kelapa mengandung asam laurat yang dapat membantu membunuh bakteri penyebab bau badan. Kamu bisa mengoleskan minyak kelapa pada lipatan kulit atau daerah tubuh yang bau. Kemudian, biarkan selama beberapa menit dan bersihkan dengan air hangat.

5. Teh Hijau

Teh hijau efektif membantu mengendalikan bau badan dengan mengurangi keringat dan membunuh bakteri. Kamu bisa menyeduh beberapa kantung teh hijau dalam air panas dan biarkan hingga dingin.

Setelah dingin, kamu bisa menampungnya ke dalam botol semprotan. Kamu bisa menggunakan cairan teh ini untuk disemprotkan ke area-area tubuh yang bau.

Demikian beberapa cara alami untuk mengatasi bau badan. Selain cara-cara di atas, kamu juga dapat mengambil beberapa langkah lain untuk mencegah bau badan, seperti mengenakan pakaian yang longgar dan terbuat dari bahan yang dapat menyerap keringat, menghindari makanan pedas dan alkohol, serta mengonsumsi makanan yang kaya akan zinc dan magnesium.

3 dari 3 halaman

Penggunaan deodoran dengan bahan kimia dapat berdampak buruk pada kesehatan tubuh

Ilustrasi Deodorant. Foto: pixabay.com

Namun, apabila bau badan yang kamu alami terus-menerus dan baunya semakin kuat, bisa menjadi tanda adanya kondisi medis yang terjadi pada tubuhmu seperti hiperhidrosis atau infeksi. Jika ini terjadi, sebaiknya segera berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan perawatan yang tepat.

Selain itu, perlu diingat bahwa penggunaan deodoran berbahan kimia yang mengandung aluminium atau paraben dapat berdampak buruk pada kesehatan dalam jangka panjang. Oleh karena itu, penting untuk memilih deodoran alami yang bebas dari bahan berbahaya.

Dalam menjaga kebersihan dan kesehatan tubuh, terutama terkait dengan masalah bau badan, bahan-bahan alami bisa menjadi alternatif yang efektif dan aman. Selain itu, dengan mengikuti langkah-langkah pencegahan bau badan dengan menerapkan kebersihan setiap harinya dapat mengurangi risiko bau badan yang tidak diinginkan.

 

*Penulis: Amelia Septika