Sederet Fakta Tentang Erika Carlina, Remaja Cirebon yang jadi 'Ratu' di Senopati

Rivan Yuristiawan diperbarui 02 Mar 2023, 18:24 WIB

Fimela.com, Jakarta Hadirnya selebritis Instagram atau yang lebih sering disebut selebgram membuat industri hiburan di Indonesia semakin berwarna. Tak melulu soal kontroversi, beberapa diantara mereka masuk ke industri dengan talenta yang dimiliki. Salah satu dari sekian nama yang mencuri perhatian publik yaitu Erika Carlina.

Nama Erika Carlina mencuat ke permukaan dunia showbiz di Indonesia setelah ambil bagian dalam event sportainment bertajuk Tepok Bulu yang diselenggarakan Vincent Rompies dan Desta. Namun, di sosial media khususnya Instagram, sosoknya sudah jauh lebih dulu populer dengan aktifitas yang dibagikannya. Salah satu yang kemudian ikonik dan melekat sampai sekarang yaitu kegemarannya berpesta hingga mendapat julukan Queen of Senoparty karena kerap menghabiskan waktu malamnya di kawasan Senopati. 

Meski sudah begitu populer di berbagai kalangan, namun belum banyak yang tahu tentang hal-hal di belakang layar dari perempuan 26 tahun tersebut. Dihimpun dari berbagai sumber, berikut FIMELA merangkum beberapa fakta terkait Erika Carlina.

What's On Fimela
2 dari 8 halaman

Latarbelakang Keluarga

Dipilih menjadi brand ambassador merek kecantikan, Erika Carlina mengenakan sleeveless hoodie dengan kalung rantai dan celana pendek. (instagram/eri.carl)

Erika Carlina lahir di Cilacap dengan nama lengkap Erika Carlina Batlawa Soekri pada 10 Agustus 1996. Ia lahir dari orangtua blasteran dari ayah Chinese-Palembang dan ibu berdarah Riau dan Jawa.

Erika Carlina merupakan anak bungsu dari dua bersaudara. Ia dibesarkan oleh orangtua yang memiliki keyakinan berbeda, yakni ibu muslim dan ayah katolik. Namun begitu, keluarga mereka tetap harmonis meski memiliki banyak perbedaan latar belakang. 

3 dari 8 halaman

Suka Olahraga Sejak Kecil

Erika Carlina bikin penasaran netizen (Instagram/hestipurwadinata)

Saat menjadi bintang tamu di konten YouTube Vindes, Erika Carlina mengatakan jika dirinya lahir di kota Cilacap, namun menghabiskan masa kecil hingga remaja di Kabupaten Cirebon, Jawa Barat. Mencuri perhatian saat unjuk kebolehan bermain Badminton di acara Tepok Bulu Vindes melawan Raisa dan Anya Geraldine ternyata Erika memang sudah akrab olahraga sejak kecil.

"Papi suka basket, mami voli. Jadi dari kecil emang karena orangtua olahraga banget, semua (olahraga) diperkenalkan dari basket, voli, berenang, kasti," katanya saat berbincang dengan Vincent dan Desta.

4 dari 8 halaman

Dalami Bidang Basket

Erika Carlina bikin penasaran netizen (Instagram/eri.carl)

Dekat dengan dunia olahraga sejak kecil, Erika Carlina memilih untuk mendalami olahraga basket ketika beranjak besar. Bahkan, ia sempat mendapat tawaran beasiswa di salah satu Universitas dengan syarat ikut memperkuat tim basket kampus tersebut. Sayangnya, Erika Carlina menolak dan memilih untuk meretas karier di dunia entertainment Tanah Air.

5 dari 8 halaman

Tak Mau Kuliah

[Instagram/eri.carl]

Selain memiliki ketertarikan ke dunia entertainment, Erika Carlina juga menolak tawaran berkuliah dengan fasilitas beasiswa karena tak punya ketertarikan besar di dunia akademis. Bahkan, hal itu sempat sampai memicu perdebatan dengan orangtuanya.

"Sempat clash waktu lulus SMA. Jadi papi tuh pengen salah satu anaknya ada yang jadi dokter ya. Papi bilang aku harus tetap kuliah, tapi aku tetap nggak mau. Aku nggak kuliah, kabur ke Bandung tinggal bareng koko aku (kakak laki-laki) tapi nggak bilang-bilang (ke orangtua)," tutur Erika Carlina di konten YouTube Vindes.

6 dari 8 halaman

Dimulai dari Modeling

Erika Carlina bikin penasaran netizen (Instagram/eri.carl)

Dalam pelariannya menghindari tuntutan berkuliah dari orangtua itu Erika Carlina akhirnya mendapat jalan masuk dunia entertainment dari sekolah modeling yang digeluti. Dari situ, tekadnya semakin bulat untuk berkecimpung di dunia seni peran hingga memutuskan hijrah ke Jakarta untuk mengikuti sejumlah casting.

"Aku ke Jakarta mulai film dulu di 2015, itu casting-casting naik motor bonceng tiga. Akhirnya pertama kali dapat peran, satu scene di filmnya Derby Romero judulnya Riding. Dari situ mulai film-film," ujar Erika Carlina.

7 dari 8 halaman

Pribadi yang Tomboy

[Instagram/eri.carl]

Keterlibatan Erika Carlina di dunia entertainment akhirnya cukup mengubah kepribadiannya secara personal. Meski sisi tomboynya masih ada, namun kini hal itu sudah lebih baik dibandingkan masa lalunya yang suka kebut-kebutan menggunakan motor di jalan raya.

"Suka motor itu waktu sekolah. Dulu naik (motor) Mio yang dipretelin. Aku juga sering pinjam (motor) Ninja 2 tak, yang 4 tak juga, dari situ mulai suka (motoran)," ujarnya.

8 dari 8 halaman

Kehidupan Asmara

[Instagram/eri.carl]

Warna-warni perjalanan hidup Erika Carlina sampai berada di posisinya saat ini juga berbanding lurus dengan kehidupan asmaranya. Sempat membuat heboh usai pose mesranya dengan Morgan Oey beredar, Erika Carlina punya deretan panjang nama-nama pria yang pernah menjalin kedekatan dengannya seperti pesepakbola Gavin Kwan Adsit, Aldi Maldini mantan personel CJR, hingga Darrell Juwono.