5 Kebiasaan Mandiri agar Tak Mudah Diremehkan Orang Lain

Endah Wijayanti diperbarui 01 Mar 2023, 13:15 WIB

Fimela.com, Jakarta Diremehkan, dipandang sebelah mata, atau direndahkan orang lain bisa membuat harga diri kita terluka. Saat harga diri kita terluka, kita pun merasa seperti sudah tidak memiliki alasan untuk menjalani hidup dengan lebih baik. Namun, jangan sampai perlakuan buruk orang lain membuat kita menyia-nyiakan hidup kita sendiri.

Kita bisa membangun sejumlah kebiasaan mandiri untuk menjadi perempuan yang lebih kuat dan berdaya. Sehingga kita tak lagi mudah diremehkan atau dipandang sebelah mata oleh orang lain. Bisa dimulai dengan menerapkan atau membangun kembali kebiasaan-kebiasaan berikut ini.

 

 

2 dari 6 halaman

1. Membuat Target Pribadi

Menjalani hidup dengan penuh makna./Copyright shutterstock.com/g/PRImageFactory

Ada target pribadi yang kamu buat sendiri. Ada hal-hal yang ingin kamu capai dan wujudkan dengan upaya terbaik yang bisa kamu miliki. Target pribadi yang kamu buat pun bisa menjadi motivasi atau sumber semangatmu untuk menyambut hari dan menjalani keseharianmu jadi lebih baik lagi dari waktu ke waktu. Kalaupun gagal, kamu tak lantas tenggelam dalam keterpurukan sebab kamu selalu bisa menyesuaikan kembali rencana dan target baru untuk dicapai.

 

 

3 dari 6 halaman

2. Menjaga Hubungan Baik yang Ada

Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/g/PRImageFactory

Tak harus menunggu diperlakukan baik oleh orang lain sebagai alasan kita untuk berbuat baik pada orang lain. Tetaplah menjaga hubungan baik dengan siapa saja. Mengutip buku How to Respect Myself, "Saat kita mendorong maka pada saat yang sama kita juga akan terdorong. Ketika kita menyerang seseorang maka hati kita juga akan terserang. Semakin kita menyakiti orang lain, kerusakannya juga akan bertumpuk pada kita." Demi kenyamanan dan ketenangan hatimu, berbuat baik kepada siapa pun perlu jadi kebiasaan harian dalam hidupmu.

 

4 dari 6 halaman

3. Menekuni Pekerjaan yang Dipilih

Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/g/PRImageFactory

 

Tekuni pekerjan yang kamu pilih dengan baik. Perkuat dirimu dan kemampuanmu untuk melakukan semua hal yang terbaik dalam pekerjaan yang kamu pilih. Tak harus mengikuti pilihan pekerjaan orang lain untuk bahagia. Selama kamu tahu kemampuanmu dan yakin bahwa pekerjaan yang kamu pilih bisa hadirkan kebahagiaan dan kepuasan batin sendiri, maka kamu bisa menjadi perempuan yang makin berdaya serta tak gampang diremehkan orang lain.

 

 

5 dari 6 halaman

4. Mengapresiasi Usaha Sendiri

Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/g/PRImageFactory

Menghadiahi diri sendiri bisa menjadi kebiasaan rutin yang kamu lakukan dalam keseharian. Mengapresiasi usaha dan upaya terbaik yang dilakukan secara mandiri juga bisa menguatkan mentalmu. Kamu pun tak gampang tersinggung atau terpuruk saat menghadapi pandangan negatif atau perlakuan buruk orang lain. Sebab saat kamu sudah memahami nilaimu sendiri, kamu tak akan gampang minder dengan penghakiman orang lain yang hanya ingin menjatuhkanmu.

 

 

6 dari 6 halaman

5. Memiliki Standar Kebahagiaan Sendiri

Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/g/PRImageFactory

Mengutip buku How to Love, "Setiap manusia pasti memiliki keinginan untuk membantu orang lain dan takut akan reputasi yang buruk. Namun, ada hasrat yang lebih besar daripada itu. Yaitu hasrat untuk memperhatikan diri sendri dan hidup sesuai yang diinginkan." Milikilah standar kebahagiaanmu sendiri. Sehingga dengan begitu kamu tak gampang terpuruk saat ada yang memiliki pencapaian atau kesuksesan yang lebih besar daripada dirimu. Perhatikan kebutuhan dan usahakan hal-hal yang bisa membuatmu bahagia menjalani hidup, maka kamu bisa makin nyaman menjalani hidupmu.

Itu tadi lima kebiasaan mandiri yang bisa diterapkan dan coba dilakukan agar tidak mudah diremehkan orang lain. Semoga bisa menjadi penyemangat dan motivasimu untuk melakukan semua hal terbaik dalam hidupmu, ya.