Tips Membeli Kasur yang Nyaman Biar Bisa Tidur Nyenyak Sepanjang Malam

Iwan Tantomi pada 25 Feb 2023, 16:50 WIB

Fimela.com, Jakarta Kasur menjadi salah satu benda esensial di rumah yang kualitasnya perlu diperhatikan. Sebab, dengan kasur yang nyaman, tidur pun bisa lebih nyenyak sepanjang malam. Selain itu, dengan kasur yang bagus, pinggang juga jadi tak mudah sakit.

Ada kasur yang empuk, sedang dan keras. Bahkan, ada kasur busa dan pegas konvensional, kombinasi dan ada pula tempat tidur air. Lantas, seperti apa kriteria kasur yang nyaman buat dibeli agar bisa bikin tidur lebih nyenyak?

What's On Fimela
2 dari 4 halaman

Pilih Kasur yang Sejajar dengan Tulang Belakang

Saat membeli kasur, sebaiknya mencoba tidur di atasnya langsung. Tujuannya untuk mendapatkan kasur yang bisa sejajar dengan tulang belakang. Bila kasur terlalu kaku atau empuk, tulang belakang biasanya tak dapat ditopang dengan baik saat tidur.

Hal tersebut juga dapat berimbas pada bagian leher dan punggung bawah. Jika lengkung tulang belakang dan distribusi beban tubuh cukup ideal saat tidur, maka tidur yang nyenyak bisa didapatkan. Bahkan, kasur yang nyaman seperti ini bisa membuat tidur lebih cepat dan dapat bangun lebih segar.

3 dari 4 halaman

Pilih Kasur dengan Tingkat Kekerasan Sedang

Selain itu, pilihlah kasur yang memiliki tingkat kekerasan sedang. Kasur jenis ini dapat membuat tidur lebih nyaman dan jarang menyebabkan terjadinya masalah nyeri punggung. Setidaknya, kasur tersebut cukup menopang beban tubuh secara merata, jadi bukan yang keras banget, tapi sedang saja.

Pilih Kasur Sesuai Posisi Tidur yang Nyaman

Setiap orang punya posisi tidur yang nyaman, dan hal ini perlu disesuaikan dengan jenis kasur yang ingin dibeli. Namun yang pasti, apapun posisinya jenis kasur yang paling nyaman dipilih dengan tingkat kekerasan sedang.

Mau tidur telentang, tengkurap, berbaring maupun posisi miring, tetap membuat posisi tubuh tetap sejajar merata. Imbangi dengan bantal yang pas pula, agar pinggang atau leher tak sampai sakit sesudah bangun tidur.

4 dari 4 halaman

Pikirkan Matang-Matang Sebelum Membeli

Hanya karena dicoba sekali, belum tentu kasur tersebut bisa digunakan dengan nyaman dalam waktu panjang. Oleh karena itu, sebelum memutuskan beli, pikirkan matang-matang terlebih dulu.

Konsultasikan dengan pegawai toko, jenis kasur mana yang mampu memenuhi ketiga kriteria sebelumnya. Jika bisa, pilih matras yang dilengkapi garansi uang kembali. Jadi, jika setelah dipakai beberapa waktu tertentu ternyata dapat menyebabkan beragam keluhan tidur, maka masih bisa ditukarkan.

Selain itu, cara lainnya yang gampang untuk menentukan jenis kasur yang nyaman adalah saat menginap di hotel atau kamar teman atau kerabat saat menginap misalnya. Catat atau tanyakan merek dan jenis nomor seri matras tersebut, sehingga bisa membeli kasur lebih tepat.