5 Kebiasaan Mandiri untuk Membuat Hidupmu Terasa Lebih Tenang

Endah Wijayanti diperbarui 18 Feb 2023, 07:15 WIB

Fimela.com, Jakarta Makin bertambah usia biasanya makin bertambah pula kecemasan yang kita rasakan. Dengan banyaknya hal yang harus dikerjakan dan berbagai macam tanggung jawab baru, rasanya makin sulit bagi kita untuk menjalani hidup dengan tenang. Namun, bukan berarti hidup kita akan terus dilingkupi oleh kegelisahan semata.

Kali ini Fimela akan membagikan lima kebiasaan sederhana yang bisa dilakukan secara mandiri untuk memiliki hidup yang lebih tenang. Bisa dimulai dari hal-hal yang mudah dilakukan dalam keseharian. Selengkapnya, simak uraiannya di bawah ini.

 

 

What's On Fimela
2 dari 6 halaman

1. Jaga Baik Semua Relasi yang Masih Ada

ilustrasi perempuan bahagia/copyright by Farknot Architect (Shutterstock)

Jaga baik hubunganmu dengan orang lain. Pertahankan hubungan atau relasi yang masih ada. Tak perlu menjatuhkan atau berusaha membalas dendam tindakan orang lain. Mengutip buku How to Respect Myself, "Saat kita mendorong maka pada saat yang sama kita juga akan terdorong. Ketika kita menyerang seseorang maka hati kita juga akan terserang. Semakin kita menyakiti orang lain, kerusakannya juga akan bertumpuk pada kita." Untuk bisa lebih tenang, menjaga hubungan dengan baik terhadap siapa saja bisa menjadi kunci utamanya.

 

 

3 dari 6 halaman

2. Luangkan Waktu untuk Menyenangkan Diri Sendiri

ilustrasi perempuan cantik/narikan/Shutterstock

Kesepian masih akan kamu rasakan dalam keseharian. Bahkan saat berada di keramaian atau sedang menjalin hubungan dengan seseorang, rasa kesepian masih akan menyapa. Untuk bisa lebih tenang menghadapi rasa kesepian, cobalah untuk meluangkan waktu menyenangkan diri sendiri. Memberi ruang dan kesempatan untuk diri sendiri melakukan hal yang disukai bisa hadirkan ketenangan hati.

 

 

4 dari 6 halaman

3. Tekuni Kegiatan yang Membangkitkan Gairah Hidup

ilustrasi perempuan bahagia/TimeImage Production/Shutterstock

Ada pekerjaan atau hobi yang bisa membuatmu bersemangat? Ada kegiatan yang senantiasa menghadirkan kegembiraan di hatimu? Coba untuk tekuni dan nikmati itu semua. Hatimu bisa lebih mudah tenang saat kamu bisa mengimbangi keseharianmu dengan sesuatu yang hadirkan gairah dan semangat hidup.

 

 

5 dari 6 halaman

4. Menggunakan Media Sosial dengan Lebih Bijak

ilustrasi perempuan minum teh kopi/Makistock/Shutterstock

Kalau hatimu makin mudah gelisah tiap kali kamu melihat media sosial, cobalah untuk melakukan detoks media sosial sementara waktu. Jika kamu makin merasa gampang stres atau tertekan tiap kali menggunakan media sosial, kamu bisa coba cari cara lain untuk mengekspresikan diri. Mengingat kita hidup di era yang memudahkan kita untuk membanding-bandingkan diri kita dengan orang lain, kita perlu lebih bijak lagi dalam menyikapinya agar hati kita bisa lebih tenang.

 

 

6 dari 6 halaman

5. Berbahagialah dengan Pilihan Hidup Sendiri

ilustrasi perempuan bahagia/MDV Edwards/Shutterstock

Mengutip buku How to Love, "Setiap manusia pasti memiliki keinginan untuk membantu orang lain dan takut akan reputasi yang buruk. Namun, ada hasrat yang lebih besar daripada itu. Yaitu hasrat untuk memperhatikan diri sendri dan hidup sesuai yang diinginkan." Kadang untuk bisa hidup lebih tenang kita cukup perlu lebih yakin dengan pilihan kita sendiri. Saat kita sudah bisa lebih yakin dan memilih untuk bahagia dengan pilihan sendiri, maka kita bisa lebih tenang menjalani hidup.

Itu tadi lima hal yang bisa dilakukan untuk mendapatkan hidup yang lebih tenang. Semoga informasinya bermanfaat, ya.