Pernyataan Gita Savitri Soal Awet Muda karena Childfree Tuai Kontroversi, Sarah Sechan Ikut Beri Tanggapan

Syifa Ismalia diperbarui 10 Feb 2023, 08:45 WIB

Fimela.com, Jakarta Pernyata Gita Savitri terkait childfree (tak memiliki anak setelah menikah) resep awet muda alami mengundang banyak kritik dari kalangan netizen hingga selebriti Tanah Air, salah satunya adalah presenter Sarah Sechan.

Melalui media sosialnya, Sarah Sechan mengaku tak masalah pada pilihan hidup orang lain. Karena baginya adalah itu hak setiap orang.

"Sesungguhnya semua orang punya hak untuk memilih jalan hidup sendiri, mau nikah atau enggak, mau punya anak atau childfree, mau kerja atau jadi pengangguran. Tidak ada yang berhak memberi tahu Anda sebaliknya," tulis Sarah Sechan.

2 dari 3 halaman

Childfree Disebut Anti Aging Alami

Sarah SechanTanggapi Pernyataan Gita Savitri Soal Awet Muda karena Childfree [Nurwahyunan/bintang.com]

Kendati begitu, Sarah Sechan menggarisbawahi soal opini Gita Savitri yang menyebut childfree sebagai anti-aging alami.

"Yang perlu dipahami adalah: natural anti-aging (natural ya, enggak ada urusan sama perawatan salon dll) atau stress-free life (hidup anti stres) sebetulnya bukan dari hal-hal eksternal. Itu tergantung pikiran kita, bagaimana kita menjalani hidup dan menghitung berkat yang kita dapat," ujarnya.

3 dari 3 halaman

Tak Perlu Takut Menua

Sarah SechanTanggapi Pernyataan Gita Savitri Soal Awet Muda karena Childfree

Lebih lanjut Sarah Sechan mengatakan seseorang tak perlu takut menua. Karena pada dasarnya, manusia akan tua dan keriput pada waktunya. "Kita bukan koleksi museum patung lilin Madame Tussaud," ujarnya. 

Dari pengalamannya sendiri, Sarah Sechan mengambil kesimpulan bahwa perempuan tidak perlu takut kehilangan kebebasan jika pintar memilih pasangan yang baik.

"Setelah menikah saya tetap bisa kerja, punya uang sendiri, travel, dll. Setelah punya anak tetap bisa tidur cukup karena anak saya enggak pernah 'screaming in the morning,' rewel berlebihan atau tantrum," tuturnya.

"Punya anak bukan sekadar hamil dan melahirkan, tapi belajar bonding (membangun ikatan) dengan manusia baru, komunikasi, dan harus selalu usahakan punya/pinjam sebutan anak jaman sekarang, 'chill vibes' (santuy)," kata Sarah Sechan.

Sarah Schan juga mengatakan bahwa hidup jangan dibuat ribet. Jika semua terasa nyaman, tidak akan stress dari segala sisi. "Silakan pilih jalan hidupmu sendiri, tapi enggak perlu membandingkan pilihanmu dengan pilihan orang lain. Semua manusia punya alasan dan pengalaman hidup berbeda yang akhirnya menentukan pilihan masing-masing," tutur Sarah Sechan.

Tag Terkait