Kerap Disalahpahami, Ini 4 Ciri Kepribadian Orang yang Tertutup

Gayuh Tri Pinjungwati diperbarui 15 Jan 2023, 16:15 WIB

Fimela.com, Jakarta Berada dalam hubungan apa pun dengan seseorang yang memiliki kepribadian tertutup bisa membuat kita merasa kesal. Sahabat Fimela mungikin ingin mengenal mereka lebih baik, lebih dekat, tetapi ada batasan di sekitar mereka yang tidak bisa kamu lewati.

Namun, kamu cukup bijak untuk tidak terlalu terpengaruh karena kamu tahu bahwa mereka tidak melakukannya karena mereka tidak menyukaimu. Mereka hanya memiliki kepribadian tertutup.

Nah, untuk mengenal mereka, akan lebih baik jika kamu juga perlu untuk mengetahui ciri kepribadian orang yang terlalu tertutup. Seperti apa? Yuk, simak selengkapnya di bawah ini.

Mereka Bisa Sedikit Pasif

Dunia berputar dan kehidupan terjadi di sekitar mereka, tetapi mereka hanya puas duduk dan menonton dari jauh. Sebelum kamu melepaskan kekesalanmu, pertimbangkan kemungkinan bahwa mereka mungkin tidak melakukannya untuk membuatmu kesal.

Sebagian besar dari mereka membeku ketika membuat keputusan karena mereka telah belajar bahwa itu hanya akan menimbulkan masalah. Mereka telah kehilangan kepercayaan pada diri mereka sendiri untuk memiliki kemampuan membuat pilihan yang tepat. Bisa jadi karena orangtua mereka yang perfeksionis yang selalu menilai setiap keputusan mereka yang bisa meremehkan mereka.

Mereka Bermain Aman untuk Menghindari Konflik

Ini mirip dengan poin di atas tetapi alih-alih tindakan, ini tentang bagaimana mereka mengekspresikan pikiran, pendapat, dan perasaan mereka. Saat kamu meminta tanggapan jujur mereka tentang suatu hal, mereka mungkin suka memerikan tanggapan yang lebih baik. Terkadang terasa seperti mereka mengatakan sesuatu hanya untuk menyenangkanmu. Mereka bungkam ketika ada tanda dominasi karena mereka tahu lebih baik untuk tidak mengungkapkan pikiran, pendapat, dan perasaan mereka yang sebenarnya.

What's On Fimela
2 dari 2 halaman

Mereka Terlalu Kritis Tentang Berbagai Hal

Ilustrasi perempuan cantik/copyrightshutterstock/TimeImage Production

Mereka sepertinya selalu mengamati segala sesuatu di sekitar mereka, bahwa selalu ada sesuatu yang membuat mereka tidak puas. Kadang-kadang mereka juga bisa bersikap kasar tentang hal itu, dan sangat yakin bahwa mereka benar. Menjadi kritis itu normal tetapi jika seseorang terlalu kritis dan tertutup, ada kemungkinan mereka memiliki masalah yang lebih dalam dan menutupi kerentanan mereka dengan kulit luar yang keras.

Ini bisa menjadi pertahanan yang mereka kembangkan ketika mereka diperlakukan tidak berharga di masa lalu, bisa jadi rasa tidak aman mereka muncul, dan kemarahan yang mendalam tentang hal-hal besar yang tidak ingin mereka ungkapkan.

Mereka Mudah Rapuh Secara Emosional

Suatu saat mereka akan tertawa dan bercanda denganmu dan temanmu. Saat berikutnya, mereka mungkin sangat sedih atau marah atas sesuatu yang telah dikatakan atau dilakukan. Terkadang permintaan maaf akan menenangkan mereka, terkadang tidak, dan mereka akan terus merasa kesal.

Jika kamu merasa dirimu harus selalu waspada di sekitar orang ini jika kamu akhirnya memicu suasana hati mereka, kemungkinan besar mereka memiliki begitu banyak masalah yang belum terselesaikan sehingga membuat mereka tertutup secara emosional.

Nah, berikut tadi beberapa ciri kepribadian orang-orang tertutup yang kadang-kadang disalahpahami oleh orang lain atau bahkan bisa bikin kesal lho. 

#WomenforWomen