How To: Panduan Menyiapkan Pesta BBQ untuk Malam Tahun Baru

Novi Nadya diperbarui 31 Des 2022, 11:00 WIB

Fimela.com, Jakarta Berencana menggelar pesta BBQ di malam tahun baru? Dan mengundang seluruh keluarga untuk makan malam di pesta BBQ?

Setidaknya praktikkan 6 tips BBQ untuk pemula jika ingin mencapai saian barbeque yang sempurna. Berikut tipsnya mengutip dari americangarden.us;

 

1. Siapkan bahan-bahan yang diperlukan 

Langkah pertama dan terpenting untuk pesta bbq adalah menyiapkan bahan-bahan. Apakah ayam, daging, atau ikan, biarkan mencair di lemari es semalaman atau dikeluarkan dalam suhu ruang. Lalu potong semua bahan sesuai keinginan.

 

2. Siapkan bumbu marinasi

Kita tidak bisa menikmati barbekyu yang enak jika tidak membumbui atau mengasinkan bahan-bahan yang sudah dipersiapkan. Ini adalah aturan penting untuk ayam panggang, steak, dan jenis potongan daging lainnya yang empuk dan juicy. 

Banyak resep yang bisa kita temukan sesuai selera. Jika diperlukan, kita bisa menambahkan bubuk pelunak daging yang akan membantu mengempukkan sekaligus meningkatkan rasa. 

Jangan ragu untuk menambah sayuran favorit kita untuk membuat bbq semakin enak. Salah satu marinasi favorit untuk ayam panggang atau steak panggang adalah saus jamur.

 

 

What's On Fimela
2 dari 3 halaman

3. Tusuk daging dan potong ayam dadu

Ilustrasi saus bbq/copyrightshutterstock/Elena Veselova

Setelah daging dan ayam dimarinasi dengan baik, tepuk-tepuk dengan kertas atau tisu penyerap untuk menghilangkan kelebihan air. Lalu masukkan ke dalam tusuk sate kayu atau baja tahan karat dengan irisan sayur seperti jamur, paprika berwarna, bahkan terung jika suka.

 

4. Bersihkan panggangan

Baik itu panggangan listrik, gas, atau arang, bersihkan dengan baik sebelum digunakan. Untuk memastikan semua sisa makanan terangkat.

Kita bisa meminyaki untuk mencegah makanan menempel. Panaskan panggangan sebelum meletakkan tusuk sate di atasnya.

 

 

3 dari 3 halaman

5. Mulai memanggang

Ilustrasi menu restoran BBQ & Grill. (Foto: pexels.com)

Tidak ada yang lebih menyenangkan dari bagian memanggang. Lakukan secara berkelompok dan jangan sampai terlalu penuh.

Misalnya, lakukan pemanggangan ayam dan daging secara terpisah. Lalu jangan terlalu sering dibalik agar sarinnya tidak hilang.

Trik BBQ lainnya adalah memastikan steak tidak terlalu dingin setelah kita mulai memanggang. Steak dingin membutuhkan waktu yang lebuh lama untuk memanggangnya hingga sempurna.

Juga ingat, jika semakin lama menghabiskan waktu memanggang potongan daging, akan semakin sulit. Jadi, suhu streak di awal waktu pemanggangan memang membuat perbedaan, jadi, jangan memasak streak dalam kondisi dingin,.

 

6. Sajikan panas

Keluarkan makanan dan letakkan segera di atas roti agar tetap hangat. Sajikan bersama lauk pauk lain, seperti keripik kentang atau salad untuk menjadikan sajian BBQ ideal. Gunakan saus BBQ favorit dan selamat menikmati.