Untuk Tampilan Menarik, Ini Cara Menentukan Potongan Poni Berdasarkan Bentuk Wajah

Fimela Reporter diperbarui 02 Nov 2022, 14:36 WIB

Fimela.com, Jakarta Untuk memberi penampilan baru yang segar, banyak orang memotong rambut atau membuat bentuk baru pada poni mereka. Ada banyak pilihan gaya potongan poni yang dapat dipilih. Mulai dari poni tengah, samping, hingga berbentuk seperti tirai terkadang menyulitkan seseorang untuk memilih gaya seperti apa yang paling cocok untuk wajahnya.

Menentukan gaya potongan poni sebenarnya dapat disesuaikan dengan bentuk wajah lho. Potongan yang tepat dapat membuat wajah semakin menarik dan menunjang penampilan. Melansir dari Byrdie, penata rambut profesional menyarankan beberapa gaya potongan poni untuk tiap bentuk wajah. Simak penjelasan berikut ini.

2 dari 5 halaman

Wajah Bulat: Poni Samping

Bentuk poni samping Selena Gomez. (@selenagomez)

Untuk menajamkan garis wajah, gunakan potongan poni samping yang panjang. Bentuk poni panjang ini akan memberi ilusi bentuk wajah lebih panjang. Bentuk poni dapat dikreasikan menjadi panjang sama rata atau panjang bervolume sesuai selera. Pastikan panjang poni sama atau setengah dari panjang rambutmu ya.

3 dari 5 halaman

Wajah Oval: Panjang dan Tipis

Bentuk poni tipis dan panjang Adhisty Zara. (@zaraadhsty)

Bentuk wajah oval paling cocok dengan potongan poni panjang dan tipis. Potongan poni ini akan membuat garis wajah semakin jelas dan menunjukan bentuk wajah yang indah. Buatlah poni sama panjang dengan rambut atau setengah dari rambutmu dan biarkan jatuh lurus di samping wajah. Potongan poni ini sangat cocok dikreasikan dengan gaya rambut ponytail.

4 dari 5 halaman

Wajah Persegi: Poni Tengah Tidak Rata

Poni tengah tidak rata Lily Collins. (@lilyjcollins)

Bila potongan poni bagi pemilik wajah bulat berguna untuk mempertajam garis wajah, untuk pemilik wajah persegi sebaliknya. Poni terbaik untuk bentuk wajah persegi adalah poni tengah tidak rata atau bertekstur. Bentuk poni ini berfungsi untuk memperhalus garis wajah sehingga mampu memberi ilusi wajah sedikit lebih lonjong. 

5 dari 5 halaman

Wajah Berbentuk Hati: Poni Membelah Seperti Tirai

Poni membelah seperti tirai untuk wajah berbentuk hati seperti JKT48 Ashel. (@jkt48.ashel)

Untuk pemilik wajah berbentuk hati, poni yang cocok adalah potongan curtain atau berbentuk tirai. Wajah berbentuk hati memiliki ciri khas dahi yang cukup lebar, karena itu curtain bangs sangat cocok untuk meminimalkan lebar pada dahi.

Itu dia contoh potongan poni yang cocok berdasarkan bentuk wajah. Apapun bentuk wajahmu, pilihlah potongan poni yang kamu sukai ya Sahabat Fimela!

Penulis: Mufiidaanaiilaa Alifah S.