How To: 5 Cara Pakai Henna untuk Pengantin yang Dapat Dicoba

angela marici diperbarui 09 Nov 2022, 17:00 WIB

Fimela.com, Jakarta Henna merupakan pewarna alami yang telah digunakan selama berabad-abad untuk rambut dan kuku. Henna semakin dikenal semenjak digunakan dalam upacara pernikahan untuk menghiasi tangan para pengantin. 

Dilansir dari byrdie.com istilah henna sendiri berasal dari bahasa Arab yang berarti banyak budaya dan agama. Seperti di India, henna dikenal sebagai mehndi yang hadir untuk menghiasi pertunangan dan pernikahan para pengantin di India. 

Seorang ahli tato henna yang berbasis di New York, Shaily Savla mengungkapkan bahwa henna telah mendapatkan popularitas karena keindahan dari warna dan desainnya. Sedangkan di India, henna menjadi sebuah ritual yang harus dilakukan jelang pernikahan. Oleh karena itu, seringkali ada acara khusus yang dilakukan oleh pengantin untuk melakukan ritual henna.

"Ada pepatah bahwa semakin gelap mehndi, semakin kuat pernikahannya." ungkap Savla.

Tak hanya itu, pernyataan ini pun diperkuat dari kutipan pada weddingbazar.in yang mengatakan bahwa semakin gelap warna henna, sahabat Fimela akan mendapatkan pernikahan yang bahagia dan keutuhan rumah tangga. Warna gelap pada henna mewakili cinta keluarga baru sehingga membuat pernikahan akan langgeng.

Bagi sahabat Fimela yang ingin mengaplikasikan henna untuk pernikahan dapat mencoba beberapa cara seperti:

What's On Fimela
2 dari 3 halaman

1. Pastikan tangan bersih

Ilustrasi mencuci tangan menggunakan sabun, sebelum mengaplikasikan henna. Credit: pexels.com/Burst

Langkah pertama yang harus dilakukan sebelum mengaplikasikan henna adalah memastikan tangan bersih dan kering terlebih dahulu. Sahabat Fimela juga harus memastikan bahwa tangan sedang tidak menggunakan krim atau minyak karena dapat menghalangi henna nantinya.

2. Menentukan desain henna

Setelah itu, tentukan desain henna yang digambar, sahabat Fimela dapat melihat inspirasi henna melalui internet. Melalui keyword atau sumber-sumber terpercaya sebagai inspirasi untuk mendapatkan desain henna unik, cantik, dan yang diinginkan.

3. Mempersiapkan henna

Apabila sahabat Fimela telah menentukan desain, langkah yang harus dilakukan selanjutnya adalah mempersiapkan henna yang berupa bubuk ke dalam mangkuk kecil kemudian tambahkan air untuk membuat adonan menjadi sedikit kental.

Setelah itu pindahkan henna ke dalam plastik segitiga berbentuk kerucut untuk mempermudah sahabat Fimela menggambar henna di tangan.

4. Gambar terlebih dahulu

Agar gambar henna terlihat sempurna, sahabat Fimela dapat menggambar desain henna terlebih menggunakan pensil alis kemudian barulah digambar menggunakan pasta henna. Meskipun terlihat seperti dua kali kerja, percayalah bahwa trik tersebut membuat henna menjadi lebih rapi dan sempurna. 

5. Biarkan kering sendiri

Apabila henna telah diaplikasikan semua ke seluruh tangan, diamkan hingga mengering sendiri setidaknya 30 menit hingga 1 jam. Apabila sahabat Fimela ingin warna henna yang lebih gelap dapat mendiamkannya lebih lama dan sedikit lebih tebal. Setelah itu, jangan lupa untuk menambahkan pelembap agar henna dapat bertahan lebih lama. 

 

 

3 dari 3 halaman

Hal yang harus diperhatikan sebelum menerapkan henna

ilustrasi wanita sedang membuat henna untuk pernikahan. credit: Shutterstock/Nina Lishchuk.
  • Pastikan untuk menngonsumsi makanan sebelum menerapkan henna. Hal ini dilakukan karena proses pembuatan henna membutuhkan waktu yang lama, oleh karena itu pastikan bahwa sahabat Fimela mengonsumsi makanan atau minuman terlebih dahulu agar tidak kelaparan atau kehausan.
  • Pastikan tangan bersih dan kering, serta hindari mengoleskan minyak di tangan karena dapat menghalangi proses pembuatan henna. Namun, terdapat pengecualian untuk minyak kayu putih karena dapat membantu membuat warna henna menjadi lebih gelap.
  • Gunakan pakaian yang nyaman karena sahabat Fimela harus duduk berjam-jam untuk mengaplikasikan henna.

Hal yang perlu diperhatikan setelah menerapkan henna

  • Setelah proses henna selesai, cobalah untuk tidak banyak bergerak agar henna dapat kering dengan sempurna.
  • Jangan coba-coba untuk mengeringkan henna dalam keadaan apapun karena hal tersebut dapat menyebabkan henna menjadi rusak. Sahabat Fimela hanya perlu untuk membiarkan henna kering secara alami.
  • Setelah menerapkan henna, jangan lakukan proses mencukur atau waxing karena dapat membuat warna henna terlihat lebih pudar. Untuk menghindari situasi tersebut, pastikan untuk melakukan rangkaian perawatan kecantikan sebelum mengaplikasikan henna. Adapun rangkaian perawatan kecantikan yang dimaksud seperti manikur, pedikur, dan waxing.
  • Hindari henna agar tidak terkena air dengan cara tutup tangan ketika sedang mandi atau mencuci piring.

 

Penulis: Angela Marici

#Women for Women