Apa Manfaat Stroberi? Simak Penjelasan dan Resepnya di Sini

Senjie Nuraini diperbarui 19 Okt 2022, 11:08 WIB

Fimela.com, Jakarta Buah stroberi adalah salah satu buah yang digemari oleh kebanyakan orang. Buah ini digemari karena rasanya yang manis dan bisa diolah menjadi beragam minuman yang menyegarkan atau makanan yang enak. Selain itu, buah stroberi disukai karena mudah didapatkan dan memiliki banyak manfaat.

Buah stroberi umumnya diolah menjadi minuman seperti minuman es stroberi atau diblender dan menjadi jus stroberi. Pengolahannya yang sederhana membuat banyak orang menjadikan stroberi sebagai buah favorit mereka. Hasil olahan tersebut pun rasanya enak dan menyegarkan, apalagi jika ditambahkan es dan diminum di cuaca yang panas.

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, buah stroberi tidak hanya manis dan menyegarkan saja namun buah stroberi memiliki banyak manfaat. Apa manfaat buah stroberi? Sebelum mengetahui manfaatnya, yuk simak dulu beberapa resep olahan buah stroberi yang manis dan menyegarkan berikut ini.

What's On Fimela
2 dari 5 halaman

Resep Smoothie Strawberry

Ilustrasi/Copyright pixabay/Laddawan Somkaew

Bahan-bahan:

  • 15 buah stroberi beku
  • 150 ml susu cair
  • 150 ml yoghurt
  • es batu secukupnya yang sudah dihancurkan

Cara membuat:

  1. Pisahkan buah strowberry dari tangkainya

  2. Setelah itu, dicuci dengan air sampai benar-benar bersih

  3. Masukkan buah stroberi yang sudah bersih kedalam blender

  4. Masukkan susu cair dan yoghurt beserta es batu yang sudah dihancurkan kedalam blender bersama buah stroberi

  5. Blender semua bahan yang sudah masuk dengan kecepatan sedang atau tinggi

  6. Tunggu sampai benar-benar halus kira-kira selama 3 menit dan siap disajikan

3 dari 5 halaman

Stroberi Mojito

Ilustrasi/Copyright pixabay/Blandine JOANNIC

Bahan-bahan:

  • 1 cup stroberi, potong
  • 1 buah jeruk nipis, iris tipis
  • 1 genggam daun mint, remas
  • 1 sdm air jeruk nipis
  • 600 ml sprite
  • Es batu secukupnya

Cara membuat:

  1. Susun stroberi, irisan jeruk nipis, daun mint, dan es batu dalam gelas
  2. Tuangkan sprite sampai penuh
  3. Tambahkan air jeruk nipis, aduk-aduk, lalu sajikan
4 dari 5 halaman

Resep Es Krim Stroberi

Ilustrasi/Copyright pixabay/Jill Wellington

Bahan-bahan:

  • Whipping cream cair 350 ml
  • SKM 150ml
  • Buah stroberi segar 150 gram
  • Selai stroberi 50 gram

Cara membuat:

  1. Blender buah stroberi dengan sedikit air matang, sisakan beberapa buah untuk dipotong kecil-kecil.
  2. Dalam wadah kocok whipping cream sampai lembut dan mengembang, masukkan kental manis, kocok rata.
  3. Tambahkan stroberi yang sudah diblender, kocok rata dengan mixer, kemudian tambahkan potongan buah stroberi dan selai stroberi aduk pakai spatula.
  4. Tuang es krim kedalam wadah, simpan dalam freezer selama 6 jam.
  5. Es krim stroberi siap disajikan.
5 dari 5 halaman

Manfaat Buah Stroberi

Ilustrasi Buah Stroberi Credit: pexels.com/Karolina

1. Menjaga kesehatan mata dan rambut

Buah stroberi diperkaya oleh kandungan vitamin C dan antioksidan, seperti flavonoid, phenolic, phytochemicals, dan ellagic acid. Keduanya dapat membantu melawan radikal bebas agar mata terhindar dari masalah seperti mata kering, degenerasi makula, dan katarak. Antioksidan pada stroberi juga dapat membantu membersihkan dan melindungi kondisi rambut.

Selain itu, kandungan kalium dalam stroberi juga dipercaya ampuh untuk mengatasi masalah tekanan okular pada bola mata yang dapat membahayakan penglihatan.

2. Meningkatkan kekebalan tubuh

Berbagai penelitian menyebutkan bahwa rutin meminum jus stroberi dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh. Hal ini karena buah stroberi kaya akan vitamin C.

Kekebalan tubuh yang baik akan membuat kamu terhindar dari berbagai penyakit akibat infeksi virus dan bakteri. Dengan begitu, kamu bisa hidup lebih sehat. Selain itu, vitamin C dalam buah stroberi juga berperan sebagai antioksidan yang membantu menetralisir radikal bebas yang dapat membahayakan tubuh.

3. Mencegah kanker

Vitamin C, asam folat, anthocyanins, quercetin, dan kaempferol merupakan beberapa jenis flavonoid yang terkandung dalam stroberi yang memiliki efek antikarsinogenik.

Kandungan antikarsinogenik ini dapat melawan pertumbuhan tumor penyebab kanker, serta mencegah metastasis (penyebaran) sel kanker di dalam tubuh. Minumlah jus stroberi secara rutin agar terhindar dari bahaya kanker.

4. Meningkatkan fungsi otak

Manfaat stroberi yang tak kalah penting adalah meningkatkan fungsi otak. Hal ini karena kandungan stroberi yang kaya antisianidin dan flavonoid yang efektif mencegah penurunan memori.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Elizabeth Devore dari Harvard University disimpulkan bahwa wanita usia lanjut yang mengonsumsi stroberi sebanyak dua porsi atau lebih setiap minggunya memiliki daya ingat yang lebih baik.

5. Mencegah tekanan darah tinggi

Salah satu penelitian yang dipublikasikan pada American Journal of Clinical Nutrition menemukan bahwa konsumsi makanan yang kaya akan anthocyanin seperti stroberi dapat mencegah tekanan darah tinggi. Selain memberikan efek warna, anthocyanin pada buah stroberi juga dapat membantu membuka aliran darah.

Itu dia penjelasan mengenai berbagai manfaat dari buah stroberi. Meskipun kecil, namun buah ini memiliki manfaat yang besar bagi kesehatan tubuh. Oleh karena itu, rajin-rajinlah mengonsumsi buah stroberi. Jika kamu bosan memakannya secara langsung, kamu bisa mencoba mengolahnya menjadi minuman seperti resep-resep di atas. Yuk coba bikin!