3 Hal Penting yang Perlu Diperhatikan saat Memakai Wajan Baru

Fimela Reporter diperbarui 12 Nov 2022, 15:35 WIB

Fimela.com, Jakarta Wajan adalah peralatan memasak yang pasti ada di dapur kita. Kegunaannya yang sangat beragam seperti untuk menggoreng, menumis, bahkan memasak makanan kuah. Wajan juga sudah digunakan secara turun temurun dari dulu sehingga kita sudah akrab dengan wujudnya. 

Namun yang menjadi masalah adalah wajan yang lengket dan menyebabkan masakan menjadi cepat gosong. Tentu hal ini akan merusak citarasa masakan dan juga mood memasak kamu. Ingin membeli wajan anti lengket tapi bimbang karena harganya selangit. Eits, jangan putus asa dulu. Kamu bisa membuat wajan menjadi tidak lengket dengan teknik “wok seasoning” yang harus kamu lakukan ini saat pertama kali membelinya. Perlu diketahui juga bahwa wajan yang bisa dijadikan teknik adalah wajan berbahan baja dan besi cor.

Ini dia langkah dari wok seasoning untuk wajan barumu.

What's On Fimela
2 dari 4 halaman

Bersihkan Wajan dengan Air Panas

Ilustrasi mencuci wajan (Credit: shutterstock.com/Alena TS)

Untuk menghilangkan sisa-sisa bahan kimia dari pembuatannya dari pabrik, bersihkan wajan dengan air panas. Kamu bisa langsung mengguyurkan air panas ke wajan barumu atau mendidihkan air panas dengan wajan itu. Setelah itu cuci dengan air sabun seperti biasa. 

3 dari 4 halaman

Panaskan Wajan dengan Api Tinggi

Ilustrasi wajan (Credit: Unsplash/Helinton Fantin)

Lap wajan yang sudah dicuci hingga kering menggunakan kain lap. Kemudian panaskan wajan dengan api tinggi. Kamu mungkin akan menemukan banyak asap yang keluar dari wajan, jadi usahakan jangan lakukan di ruang tertutup. Buka jendela di sekitar agar udara segar tetap bisa masuk dan asap keluar. Cara mengetes apakah wajan sudah panas atau belum, cukup percikkan air. Jika air dengan cepat menguap maka wajan sudah panas dan siap untuk langkah selanjutnya.

4 dari 4 halaman

Oleskan Minyak Sayur Secara Merata

Ilustrasi minyak sayur (Credit: thebetterindia.com)

Lebih khusus menggunakan minyak sayur sebab minyak jeni ini lebih tahan terhadap suhu sangat panas. Kamu juga bisa menggunakan canola oil untuk langkah ini. Tuangkan minyak sayur ke atas kain lap bersih kemudian lap permukaan wajan dengan merata. Ingat! Wajan sangat panas jadi lakukan dengan hati-hati. Menggunakan kain lap seperti ini untuk memastikan agar tidak banyak minyak pada wajan sehingga proses polimerisasi minyak terjadi lebih cepat. Ciri-ciri wajan yang sudah terpolimerisasi adalah dengan berubahnya warna menjadi kehitaman. 

Kamu bisa mengulangi mengoleskan minyak sayur hingga beberapa kali sampai benar-benar wajan terselimuti oleh minyak. Biasanya langkah diulangi sebanyak 3-4 kali. Setelah itu kamu bisa mendinginkan wajan dan siap menggunakannya untuk memasak. 

Penulis: Malichatus Sa’diyah