5 Cara Tenang Menyikapi Hidup yang Terasa Banyak Gagalnya

Endah Wijayanti diperbarui 18 Okt 2022, 12:55 WIB

Fimela.com, Jakarta Sudah memperjuangkan banyak hal tapi sering mengalami kegagalan? Sudah melangkah jauh tapi tak kunjung sampai ke tempat tujuan atau tempat yang diinginkan? Ketika hidup terasa banyak gagalnya, rasanya sudah ingin menyerah dan pasrah saja dengan keadaan.

Hanya saja ketika menyerah dan pasrah tak ada dalam kamusmu, maka yang perlu kamu lakukan adalah berupaya untuk lebih tenang dalam menyikapinya. Harapannya dengan hati yang lebih tenang, ada jiwa yang lebih kuat dan tegar dalam menjalani hidup. Cara agar bisa lebih tenang agar kembali kuat bisa dimulai dengan hal-hal sederhana seperti ini.

What's On Fimela
2 dari 6 halaman

1. Izinkan Diri untuk Menerima Semua Emosi yang Ada

Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/g/farknotarchitect

Tak perlu memendam atau meredam semua emosi yang hadir. Izinkan semuanya mengalir dalam diri. Biarkan semua emosi yang ada hadir di dalam diri kita. Ada kutipan menarik dari novel Wizard Bakery: "Emosi yang membara tidak terlihat oleh mata dan bisa terus melambung tinggi seperti balon berisi hidrogen. Persamaan antara emosi dan balon adalah mereka meledak di tempat yang tak terlihat." Kalau memang butuh media untuk mengalirkan semua emosi yang ada, lakukan saja hal yang bisa membuat nyaman tersebut.

3 dari 6 halaman

2. Mengobrol dengan Seseorang yang Bisa Dipercaya

Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/g/mentatdgt

Agar hati bisa lebih tenang, kamu bisa mengajak seseorang untuk mengobrol. Mengobrol dan bertukar pikiran dengan seseorang bisa menghadirkan sudut pandang baru soal kehidupan. Bisa jadi hidupmu yang menurutmu banyak gagalnya adalah hidup yang tampak bermakna bagi orang lain. Orang lain mungkin tak melihatmu dari seberapa banyak kegagalan yang kamu alami, tapi seberapa banyak kamu bangkit kembali setelah mengalami kegagalan.

4 dari 6 halaman

3. Hargai Perjalanan yang Sudah Dilalui

Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/g/HBRH

Seberat atau sesulit apa pun perjalanan yang telah kamu lalui, semuanya telah memberi pengalaman yang membentukmu jadi pribadi yang kuat seperti sekarang. Walau terasa banyak gagalnya, tapi keberanianmu yang sudah mau mencoba dan berusaha melakukan yang terbaik dalam hidup sudah menjadi pencapaian tersendiri. Tak perlu menyalahkan diri sendiri atau keadaan. Cukup apresiasi semua yang sudah bisa dilalui karena semuanya telah memberi pelajaran berharga untukmu.

5 dari 6 halaman

4. Tata Kembali Prioritas Hidup

Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/g/chombosan

Kehidupan yang kita jalani akan senantiasa diwarnai berbagai macam prioritas hidup. Kamu mungkin merasa hidupmu banyak gagalnya karena memang ada hal-hal baru yang perlu kamu pelajari lebih dulu. Dari tiap kesalahan yang pernah kamu buat, kamu pun belajar untuk lebih mawas diri. Saat merasa hidup makin stagnan, ini mungkin jadi pertanda ada prioritas baru dalam hidup yang perlu dibuat. Mengubah prioritas dan jalan hidup pun bisa menghadirkan harapan yang membangkitkan semangat hidup yang lebih baik.

6 dari 6 halaman

5. Perkuat Ucapan Baik untuk Diri Sendiri

Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/g/chombosan

Tak perlu makin memperburuk keadaan dengan menghadirkan ucapan buruk atau negatif kepada diri sendiri. Mengutip laman Lifehack, salah satu kebiasaan yang bisa dilakukan untuk membuat mental lebih kuat adalah mengatakan hal-hal baik kepada diri sendiri setiap hari. Kegagalan yang terjadi memang berat untuk diterima, tapi selama masih memilih untuk bangkit dan melangkah ke depan lagi, akan selalu ada kekuatan baru yang bisa membuatmu lebih tegar jalani hidup.

Terima kasih sudah melakukan semua usaha terbaik hingga saat ini. Walau ada hasil yang tak sesuai harapan, tapi semua usaha terbaik yang telah kamu lakukan menjadi bukti bahwa dirimu sebenarnya sosok yang pemberani dan luar biasa.

#WomenforWomen