Pilihan Warna Cat Tembok Sesuai dengan Suasana yang Ingin Kamu Ciptakan

Fimela Reporter diperbarui 06 Nov 2022, 07:15 WIB

Fimela.com, Jakarta Setiap warna memiliki arti dan filosofi sendiri sehingga warna sedikit banyak mempengaruhi suasana dari lingkungan sekitarnya. Seperti warna cerah yang sering diidentifikasi sebagai keceriaan dan warna gelap dengan kesuraman. 

Dalam pemilihan warna pada ruanganmu, tentu kamu menginginkan warna yang bisa memberi nuansa yang kamu inginkan. Entah itu nuansa hangat ataupun ceria. Untuk kamu yang sedang merenovasi ruangan dan bingung dengan pilihan warna cat tembok mana yang akan dipilih,  warna-warna di bawah ini mungkin bisa kamu jadikan referensi.

What's On Fimela
2 dari 6 halaman

Nuansa Menyegarkan

Ilustrasi ruangan bercat hijau (Credit: Freepik/vanitjan)

Buat kamu pecinta nuansa alam yang menyegarkan maka pilihan warna biru dan hijau adalah hal yang tepat. Hijaunya pepohonan akan diwakilkan dengan cat berwarna hijau yang akan membuat mata sejuk memandang ruangan. Warna biru atau kebiruan juga bisa jadi pilihan dengan seolah-olah merefleksikan biru cerahnya langit atau lautan yang menenangkan. Di tengah padatnya aktivitasmu di luar, matamu akan dimanjakan dengan kesegaran saat masuk ke dalam rumah.

3 dari 6 halaman

Nuansa Menenangkan

Ilustrasi ruangan bercat abu-abu (Credit: Freepik/vanitjan)

Nuansa menenangkan dan damai bisa diciptakan dengan warna cat tembok putih, abu-abu, atau warna-warna pastel yang kalem. Warna tersebut akan membuat suasana tenang sesuai dengan keinginan kamu. Cocok buat kamu yang ingin menghindar dari kebisingan luar dan ingin menenangkan pikiran.

4 dari 6 halaman

Nuansa Ceria

Ilustrasi ruangan bercat kuning (Credit: Freepik/vanitjan)

Untuk membuat suasana yang bersemangat dan energik, cat ruangan dengan warna-warna cerah tidak akan pernah gagal. Misalnya warna kuning cerah atau oranye yang bisa kamu aplikasikan pada tembok ruanganmu. Kamu juga bisa memadupadankan dengan beberapa hiasan berwarna merah untuk menambah kehangatan serta furniture berbahan kayu. 

5 dari 6 halaman

Nuansa Romantis

Ilustrasi ruangan bercat merah (Credit: unsplash/alireza mahmoudi)

Jika kamu adalah pasangan yang tengah kasmaran dan ingin menciptakan nuansa romantis di rumah kalian, maka warna merah dan fuchsia bisa jadi pilihan. Kedua warna tersebut melambangkan gairah dan semangat layaknya pasangan muda yang baru menikah.

6 dari 6 halaman

Nuansa Mewah

Ilustrasi ruangan bercat ungu (Credit: Pixabay/ariesjay castillo)

Warna ungu sangat identik dengan kesan royal dan mewah sebab dahulu warna ini sangat sulit didapatkan sehingga hanya kalangan atas yang mampu menggunakannya. Jika kamu menginginkan nuansa mewah khas kerajaan bisa juga memilih warna ungu ini, atau warna lain seperti merah tua dan biru kobalt.

Nah, warna-warna di atas bisa kamu jadikan referensi untuk pemilihan cat tembok pada ruanganmu. Selamat berkreasi!

Penulis: Malichatus Sa’diyah