10 Cara Mudah dan Sederhana Mengusir Tikus di Dapur

Fimela Reporter diperbarui 14 Nov 2022, 19:30 WIB

Fimela.com, Jakarta Tikus merupakan hewan pengerat kecil yang dapat menimbulkan berbagai masalah, khususnya di dapur rumah kamu. Kehadiran tikus di dapur rumah, tentu bukanlah hal yang diinginkan oleh semua orang. Namun, terkadang kita tidak mengetahui apakah di dapur terdapat tikus atau tidak sampai kamu menemukan bekas kunyah di makanan, kotoran di laci peralatan makan maupun dapurmu yang rusak.

Jika terkontaminasi dengan virus atau bakteri yang dapat ditularkan ke manusia, tikus berpotensi menimbulkan bahaya kesehatan. Tikus tertarik ke dapur, terutama lemari dapur, tempat tikus dapat menemukan makanan.

Dilansir dari thewillowfarmhouse.com, jika tikus datang dan masuk ke lemari dapur, di bawah wastafel, atau di meja, kamu harus ambil langkah cepat untuk menghilangkannya serta mencegahnya kembali dan membentuk populasi.

What's On Fimela
2 dari 4 halaman

Alasan Mengapa Tikus Ada di Dapur Rumah

Beberapa alasan mengapa tikus menyukai dapur. https://unsplash.com/Joshua J. Cotten

1.Sumber makanan

Sederhananya, tikus membutuhkan makanan dan air, dan tempat apa yang lebih baik di rumah untuk mereka kunjungi selain dapur. Tikus datang ke dapur karena mereka tertarik pada hal-hal yang mereka pikir adalah makanan. Jika kamu meletakkan cabinets di dekat dapur, tikus akan datang. Juga, jika kamu memiliki sisa makanan di salah satu laci dapur, tikus akan mencoba membuka laci dan memakannya.

2. Tempat yang hangat

Tikus selalu datang ke lemari dapur untuk kehangatan. Fenomena ini benar ketika suhu turun. Tikus suka tetap hangat dan menyukai sudut gelap. Mereka dapat ditemukan di lemari dapur karena tikus sering bersembunyi di dekat persediaan makanan.

3. Tempat berkembang biak

Ketika kamu menemukan tikus di dapur, itu karena mereka ingin bersarang dan memiliki bayi. Mereka mencari tempat yang kering dan gelap untuk melahirkan. Tikus datang mencari lemari dapur karena memenuhi semua kriteria tersebut.

3 dari 4 halaman

Cara Mengusir Tikus dari Dapur

Jangan biarkan ada celah atau lubang yang dapat diakses tikus untuk masuk ke rumah/Copyright unsplash.com/Kanashi

1.Blokir jalan masuk

Tikus dapat masuk lewat celah kecil di dinding. Kamu tidak akan dapat menyingkirkannya sendiri kecuali tahu di mana tikus masuk. untuk mengusir tikus di dapur, kamu harus menutup bukaan untuk mencegah tikus masuk. Pastikan pintu masuk dapur aman. Jangan biarkan ada celah atau lubang yang dapat diakses tikus untuk masuk ke rumah.

2. Singkirkan sisa makanan

Bukan ide yang baik untuk menyimpan sisa makanan di lemari dapur. Jika kamu memiliki sisa makanan favorit, simpanlah di kulkas, bukan di lemari dapur. Kamu juga tidak dapat memiliki makanan yang menumpuk di lemari dapur jika ingin menyingkirkan tikus.

3. Kapur barus

Tikus sangat sensitif terhadap penciuman, jadi menempatkan benda-benda berbau tajam ini di dekat rumah mereka akan mengusir mereka. Kapur pada dasarnya adalah bola komposisi kimia yang terutama terbuat dari naftalena dan dapat digunakan untuk mengusir dan membunuh tikus dan berbau tidak sedap, membuat tikus meninggalkan tempat bersarangnya dan mencari yang baru.

4. Minyak pepermint

Minyak peppermint membantu mengendalikan bau tikus karena meninggalkan aroma kuat yang tidak tikus sukai. Kamu dapat menyingkirkan tikus dengan menaburkan minyak esensial peppermint pada bola kapas kecil, dan kemudian menempatkannya di lemari dapur atau bisa menyemprotkannya ke tepi cabinet

5. Cuka

Cuka adalah bahan alami lain yang bisa digunakan untuk menjauhkan tikus dari lemari dapur karena memiliki bau yang kuat yang tidak menyenangkan bagi serangga termasuk tikus. Letakkan semangkuk cuka di dalam lemari dapur agar tikus menghilang.

6. Tutup makanan di wadah penyimpanan

Salah satu cara yang paling disarankan untuk menjauhkan tikus dari rumah adalah dengan menjauhkan makanan. Tikus selalu mencari makanan, jadi jika kamu menyimpan makanan dan menyegelnya dalam wadah kedap udara, tikus tidak akan bisa mendapatkannya.

4 dari 4 halaman

7. Pelihara kucing

Ilustrasi Scabies Kucing/https://unsplash.com/Yerlin Matu

Kucing bisa menjadi solusi pengendalian hama yang baik. Untuk menyingkirkan tikus dari lemari, atau ruangan lain di rumah, kamu bisa meletakkan kucing di rumah karena kucing dikenal suka berburu tikus. Dengan memiliki kucing di rumah, kamu akan dapat mengendalikan populasi tikus dan tidak membiarkan mereka menyerang dapur setiap saat.

8. Gunakan perangkat ultrasonik plug-in

Jika kamu merasa ada tikus yang menyerang dapur, coba colokkan perangkat ultrasonik. Perangkat baru ini tidak mahal, tidak memerlukan umpan, dan tidak menyakiti tikus dengan cara apa pun. Perangkat ini adalah cara yang sangat baik dan manusiawi untuk menyingkirkan tikus.

Menempatkan perangkat elektronik di area di mana tikus aktif, seperti di dekat persediaan makanan mereka di lemari dapur, akan menyebabkan mereka melarikan diri dan mencari lingkungan yang lebih tenang.

9. Perangkap tikus

Kamu dapat menggunakan perangkap lem atau kotak untuk menangkap tikus di dapur. Setelah menangkap tikus, kamu cukup melepaskannya di ladang atau hutan yang jauh dari rumah.

10. Hubungi pengendalian hama profesional

Jika kamu merasa sangat stres dengan tikus, sebaiknya hubungi pengendali hama profesional. Perusahaan profesional akan mampu menangani hama dengan aman dan efektif. Mereka telah dilatih tentang cara yang tepat untuk menangani infestasi, dan mereka tahu cara paling efisien untuk membasmi hama.

 

*Penulis: Sri Widyastuti

#Women For Women