7 Makanan dan Minuman yang Penting Dihindari Saat Batuk

Mimi Rohmitriasih diperbarui 08 Okt 2022, 20:45 WIB

Fimela.com, Jakarta Batuk merupakan masalah kesehatan yang umum terjadi pada siapapun. Batuk bahkan akan semakin parah ketika tubuh dalam kondisi yang tidak fit. Daya tahan tubuh yang lemah bisa meningkatkan risiko batuk pun masalah kesehatan lainnya. Saat ini, batuk telah menjadi salah satu tanda masalah kesehatan yang dinilai cukup serius seperti halnya gejala covid 19. 

Mengenai batuk, untuk mengatasinya kita perlu menghindari beberapa makanan serta minuman yang memperparah batuk. Kita juga perlu melakukan istirahat cukup, konsumsi air putih yang lebih banyak dan konsumsi obat atas resep dokter. Mengutip dari laman health.com, berikut beberapa makanan dan minuman yang penting dihindari saat batuk karena makanan serta minuman ini bisa memperparah batuk.

What's On Fimela
2 dari 8 halaman

Aneka Keripik

Ilustrasi keripik /copyright pexels.com/Yan Krukov

Saat batuk, makanan pertama yang penting dihindari adalah aneka keripik. Keripik yang diolah dengan cara digoreng dan diberikan bumbu khusus, bisa memperparah peradangan penyebab batuk. Keripik juga berpotensi melukai tenggorokan sehingga batuk akan semakin parah dan tak sembuh-sembuh.

3 dari 8 halaman

Gorengan

Ilustrasi/copyright shutterstock/Setyo Hadi Joko Nugroho

Gorengan juga menjadi salah satu makanan yang penting dihindari saat batuk. Gorengan mengandung minyak yang bisa membuat batuk semakin parah. Selain bikin sakit tenggorokan, gorengan juga bisa meningkatkan risiko masalah kesehatan lain karena gorengan rendah nutrisi untuk tubuh.

4 dari 8 halaman

Buah Jeruk

ilustrasi buah jeruk/Photo by Monika Grabkowska on Unsplash

Buah jeruk adalah makanan selanjutnya yang penting dihindari saat batuk. Buah jeruk mengandung zat asam yang bisa memperparah batuk. Buah jeruk juga memicu peradangan pada tenggorokan yang lebih buruk.

5 dari 8 halaman

Makanan Manis

ilustrasi donat/Photo by Kobby Mendez on Unsplash

Aneka makanan manis seperti kue, permen dan puding juga penting dihindari saat batuk. Makanan yang mengandung pemanis buatan bisa membuat batuk semakin buruk. Ini juga bisa membuat kondisi kesehatan semakin menurun.

6 dari 8 halaman

Kopi

ilustrasi kafein/Photo by Nathan Dumlao on Unsplash

Kopi masuk ke dalam minuman yang penting dihindari selama batuk. Selain bisa memperparah risiko batuk, konsumsi kopi maupun sumber kafein lain berupa teh juga bisa memperburuk kesehatan lain secara umum dan menghambat penyerap obat ke dalam tubuh.

7 dari 8 halaman

Soda

Ilustrasi Minuman Bersoda Credit: pexels.com/Jim

Makanan atau minuman yang mengandung soda berlebih adalah salah satu hal yang penting dihindari saat batuk. Soda bisa meningkatkan risiko tenggorokan terluka, batuk semakin parah dan masalah kesehatan lain. 

8 dari 8 halaman

Makanan Pedas

Ilustrasi Makanan Pedas Credit: pexels.com/Dana

Para ahli juga menghimbau agar kita membatasi asupan makanan pedas saat batuk. Meski makanan pedas bisa menambah nafsu makan selama batuk maupun flu, makanan pedas cukup berbahaya untuk kesehatan terutama saat daya tahan tubuh menurun. Makanan pedas bisa bikin batuk semakin parah dan meningkatkan risiko masalah sistem pencernaan. 

Itulah beberapa makanan dan minuman yang sebaiknya dihindari selama batuk. Semoga informasi ini bermanfaat dan semoga kita semakin bijak dalam memilih makanan sehari-hari.

#WomenForWomen