3 Tips agar Tidak Mabuk Perjalanan

Fimela Reporter diperbarui 01 Sep 2022, 10:45 WIB

Fimela.com, Jakarta Menurut WebMD mabuk perjalanan disebabkan karena adanya konflik di antara indra kita. Mata kita melihat pada satu hal, otot merasakan hal lain, dan telinga bagian dalam merasakan sesuatu yang lain. Otak tidak dapat menerima semua sinyal campuran itu yang akhirnya membuat pusing dan sakit.

Gejala dari mabuk perjalanan adalah pusing, mual, dan bahkan muntah-muntah. Mabuk perjalanan dapat dialami oleh siapapun namun lebih sering dialami oleh perempuan hamil, sedang menstruasi, penderita migrain, serta anak-anak usia 2-12 tahun.

Berikut adalah tips untuk mencegah terjadinya mabuk perjalanan. Agar perjalananmu menyenangkan dan bebas hambatan. Cek penjelasannya di bawah ini.

What's On Fimela
2 dari 4 halaman

Makan Sedikit dan Minum Air Putih Sebelum Perjalanan

Jangan banyak makan dan perbanyak minum air putih (Credit: Shutterstock/Beboopai)

Sebelum melakukan perjalanan, usahakan untuk tidak banyak makan dan perbanyak konsumsi air putih. Hindari juga alkohol dan kafein sebelum mengendarai kendaraan.

3 dari 4 halaman

Tidur Selama Perjalanan

Pejamkan mata agar tidak merasa pusing di perjalanan.

Memejamkan mata atau tidur efektif untuk mencegah mabuk perjalanan. Oleh karena itu obat anti mabuk perjalanan diformulasikan agar kita cepat terlelap dalam perjalanan. Sahabat Fimela juga bisa mendengarkan musik sembari mencoba tidur untuk mengalihkan perhatian dan membuat tubuh lebih rileks.

4 dari 4 halaman

Duduk di Bangku Depan

Lihat Jalanan dan langit di bangku depan mobil (Credit: pexels.com/M&W Studios)

Duduk di bangku depan membuat kita bisa menatap jalanan di depan lebih leluasa karena berhadapan langsung dengan kaca kendaraan yang lebar. Jalanan dan langit yang stabil efektif mengurangi pusing dalam perjalanan.

Coba terapkan tips di atas agar perjalanan Sahabat Fimela tidak terganggu dan berjalan lancar.

Penulis: Malichatus Sa’diyah