4 Dongeng Pengantar Tidur Anak yang Baik untuk Perkembangan Otak

Fimela Reporter diperbarui 09 Agu 2024, 11:13 WIB

Fimela.com, Jakarta Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk menemani anak sebelum tertidur. Salah satunya membacakan dongeng pengantar tidur. Membacakan dongeng sebelum tidur juga menjadi kesempatan untuk menghabiskan waktu dan memperhatikan si kecil.  Namun, ternyata membacakan dongeng tidak hanya tentang mempersiapkan anak untuk tidur.

Melansir dari theearlychildhooduniversity.com, kegiatan membacakan dongeng pengantar tidur bermanfaat untuk perkembangan otak hingga meningkatkan kemampuan berbahasa dan memperkaya kosa kata anak. Kegiatan ini menjadi pendekatan yang sangat baik untuk meningkatkan kemampuan belajar anak.

Membacakan satu atau dua dongeng pengantar tidur secara teratur,  rasakan manfaatnya dan perkembangan pada anak. Berdasarkan studi, terdapat beberapa manfaat membacakan dongeng pada anak yang sangat bagus untuk perkembangan otak anak.

What's On Fimela
2 dari 6 halaman

Manfaat Membacakan Dongeng Pengantar Tidur Untuk Anak

Ilustrasi anak-anak menyimak ibunya membacakan dongeng. (Sumber foto: Pexels.com).

Membacakan dongeng sebelum tidur memberikan efek positif pada perkembangan otak anak. Tidak hanya itu membacakan dongeng juga membuat otak jadi aktif sehingga mendukung meningkatnya kemampuan imajinasi dan pemahaman narasi anak. Dongeng pengantar tidur juga mampu meningkatkan kemampuan komunikasi dan memperkaya kosa kata anak. Lewat kegiatan membacakan dongeng, akan menjadi momen yang pas untuk berkomunikasi dengan anak mengenai hal yang dipahami anak-anak.

Membacakan dongeng akan membantu anak dalam mengurangi stres yang mereka punya. Dengan membaca akan membantu pikiran anak mengembara dan berimajinasi sehingga pikiran mereka lebih relaks. Selain itu, membacakan dongeng juga membuat logika anak lebih berkembang. Kemampuan mereka untuk mengamati struktur dan memahami pola dalam berbagai urutan logis, sehingga mendorong pemikiran kritis dan penalaran yang baik. Lewat dongeng anak juga bisa dididik mengenai pesan-pesan moral yang terkandung dalam cerita.

3 dari 6 halaman

Rekomendasi Dongeng Pengantar Tidur Untuk Anak

Ilustrasi buku dongeng anak. (Sumber foto: Pexels.com).

Bebek Buruk Rupa

Ini adalah salah satu cerita pengantar tidur klasik untuk anak-anak.Cerita dimulai di sebuah peternakan, di mana seekor bebek duduk di atas telur untuk menetas. Telur-telur itu menetas satu per satu, dan tak lama kemudian, ada enam anak itik berbulu kuning, berkicau girang. Telur terakhir membutuhkan waktu lebih lama untuk menetas, dan dari situ muncul itik aneh dengan bulu abu-abu.

Semua orang menganggap itik abu-abu itu jelek, termasuk induknya sendiri. Anak itik yang sedih melarikan diri dan tinggal sendirian di rawa sampai musim dingin tiba. Melihat itik yang kelaparan di musim dingin, seorang petani mengasihani itik jelek dan memberinya makanan dan tempat berteduh di rumah.

Namun, anak itik takut pada anak-anak petani yang berisik dan melarikan diri ke sebuah gua di tepi danau yang membeku. Ketika musim semi tiba, sekawanan angsa cantik turun ke danau, dan anak itik, yang sekarang sudah dewasa, tetapi kesepian, mendekati angsa, berharap sepenuhnya akan ditolak. Yang mengejutkan, angsa menyambutnya. Dia melihat bayangannya di air dan menyadari bahwa dia bukan itik jelek lagi, tetapi angsa yang cantik. Angsa bergabung dengan kawanan ini dan terbang bersama keluarga barunya.

4 dari 6 halaman

Sentuhan Emas Raja Midas

Ilustrasi buku dongeng bergambar. (Sumber foto).

Kisah Midas adalah kisah pengantar tidur klasik lainnya untuk anak-anak. Kisah kuno dari Yunani ini menggambarkan Raja Midas sebagai orang yang rakus dan tidak puas, yang mencintai emas lebih dari apapun. Suatu kali, dia melakukan perbuatan baik untuk seseorang, dan Dewa Yunani muncul di hadapannya, mengatakan bahwa dia akan diberikan keinginan hatinya untuk melakukan perbuatan baik. Midas berharap semua yang disentuhnya akan berubah menjadi emas, seketika itu juga. Tuhan mengabulkan keinginannya.

Midas sangat bersemangat dan pergi untuk menyentuh benda-benda acak, mengubah semua yang disentuhnya menjadi emas. Setelah beberapa saat, dia menjadi lapar. Namun, ketika dia menyentuh makanannya, itu berubah menjadi emas, dan dia tidak bisa memakannya. Dia kelaparan dan kecewa karena dia tidak bisa makan. Melihatnya bermasalah, putrinya yang penuh kasih memeluknya untuk menghiburnya, dan dia juga berubah menjadi emas.

Midas merasa ngeri bahwa putrinya telah menjadi patung emas. Dia menyesal meminta Sentuhan Emas dan menyadari bahwa dia telah serakah dan bahwa emas bukanlah hal yang paling berharga di dunia. Dia menangis dan memohon kepada Tuhan untuk mengambil kembali keinginannya.

Dewa mengasihani dia dan memintanya untuk berenang di sungai dekat istananya, dan kemudian mengisi kendi air dari sungai dan memercikkannya pada semua hal yang ingin dia ubah kembali. Dia mengikuti instruksi dan mengubah putrinya kembali normal. Dia sangat senang mendapatkan kembali putri kesayangannya dan berhenti serakah sejak saat itu.

5 dari 6 halaman

Aku Bosan

Ilustrasi seorang anak yang bosan. (Sumber foto: Pexels.com).

Ini adalah cerita pengantar tidur pendek lainnya untuk anak-anak. Ceritanya tentang seorang gadis yang mengeluh tentang kebosanan sampai dia bertemu kentang. Kentang mengatakan kepadanya bahwa anak-anak membosankan. Gadis kecil itu terkejut dan memberi tahu kentang bahwa anak-anak tidak membosankan, dan sebenarnya sangat menyenangkan. Kentang meminta gadis itu untuk membuktikan ini. Gadis kecil itu memberi tahu kentang semua hal yang dilakukan anak-anak untuk bersenang-senang.

Dia memberi tahu kentang bahwa anak-anak dapat bermain game, melakukan jungkir balik, melompat, berjalan di atas tangan mereka, berlomba, dan bermain di ayunan. Dia juga memberi tahu kentang bahwa lebih baik dari yang lainnya, anak-anak bisa bayangkan. Cerita ini adalah cara untuk mengingatkan anak-anak tentang semua hal menyenangkan yang dapat mereka lakukan ketika mereka bosan. Cerita ini juga bisa interaktif jika Anda meminta anak Anda untuk menceritakan semua hal menyenangkan yang dia sukai.

6 dari 6 halaman

Anak Gembala dan Serigala

Ilustrasi anak dan ibu membaca dongeng bersama. (Sumber foto: Pexels.com).

Kisah ini menekankan pentingnya menjadi jujur. Ini adalah kisah tentang seorang anak gembala yang melihat sekawanan domba di dekat desanya. Daerah itu diketahui memiliki serigala yang terkenal suka merampok kawanan domba dan kabur dengan beberapa ekor domba. Setiap penduduk desa mengetahui ancaman itu dan selalu siap membantu siapa saja yang memiliki masalah dengan serigala.

Tapi anak laki-laki itu mengabaikan sifat penolong dari penduduk desa ini, dan malah menertawakannya. Untuk hiburannya, dia membawa keluar penduduk desa, tiga kali, dengan berteriak minta tolong, mengatakan “Serigala! Serigala!". Penduduk desa yang selalu waspada segera datang untuk membantunya, hanya untuk menemukan anak gembala itu tertawa terbahak-bahak. Mereka secara alami marah ketika dia menertawakan mereka karena dibodohi.

Namun, suatu hari, seekor serigala benar-benar datang dan mulai membunuh dan memakan domba-dombanya. Kali ini, ketika dia berteriak minta tolong, tidak ada penduduk desa yang datang membantunya, karena mereka mengira dia sedang mengerjai mereka lagi. Akibatnya, serigala menghancurkan kawanan gembala. Moral dari cerita ini adalah bahwa tidak ada yang percaya pembohong, bahkan ketika dia mengatakan yang sebenarnya.

Penulis: Tasya Fadila

#Women for Women