Inilah 5 Sumber Kekayaan Elon Musk, Bos Tesla yang Baru Beli Twitter Rp635 Triliun

Hilda Irach diperbarui 27 Apr 2022, 15:30 WIB

Fimela.com, Jakarta Elon Musk baru saja membeli salah satu platform media sosial populer di dunia, Twitter pada Senin (25/4/2022). Disebutkan, bahwa bos Tesla itu mengakuisisi seluruh saham perusahaan dengan nilai kesepakatan US$44 miliar atau sekitar Rp635 triliun.

Elon Musk sendiri memang ditetapkan sebagai orang terkaya di dunia versi Forbes. Bahkan mengalahkan nama-nama populer lain seperti Bill Gates, Jeff Bezos, dan Mark Zuckerberg. Menurut data real time Forbes, kekayaan Elon Musk mencapai USD268,2 miliar atau setara dengan Rp3.862 triliun.

Bagi seorang Elon Musk, berlimpah materi sebetulnya sudah tak asing lagi. CEO SpaceX itu terlahir dari keluarga kaya di Afrika Selatan. Setelah lulus dari jurusan fisika dan bisnis di University of Pennsylvania, Elon Musk mendirikan berbagai perusahaan.

Tak heran, jika Elon Musk masuk ke dalam deretan orang terkaya hingga bisa membeli Twitter. Lantas, dari mana saja sumber kekayaan Elon Musk? Simak berikut ini selengkapnya, Sahabat Fimela.

 
What's On Fimela
2 dari 6 halaman

1. Tesla

Elon Musk beli Twitter senilai Rp635 triliun. Dari mana saja sumber kekayaannya? (Instagram/elon.r.muskk).

Salah satu sumber kekayaan utamanya berasal dari produsen mobil dan baterai listrik, Tesla Inc. Di mana Elon Musk merupakan pendiri dan pemegang 21 persen saham perusahaan.

Elon Musk berhasil mengembangkan Tesla menjadi perusahaan otomotif terbesar di dunia dengan nilai kapitalisasi pasar Tesla sebesar USD1,03 triliun. Kini, Tesla telah menjadi perusahaan otomotif terbesar di dunia. Bahkan kekayaanya dikabarkan naik tiga kali lipat.

3 dari 6 halaman

2. SpaceX

Elon Musk beli Twitter senilai Rp635 triliun. Dari mana saja sumber kekayaannya? (Instagram/elon.r.muskk).

Selain itu, sumber kekayaan Elon Musk lainnya datang dari perusahaan roket SpaceX yang bernilai USD74 miliar. Di sumber kekayaan yang kedua ini, Elon Musk memiliki sekitar 48% saham.

Tujuan utama miliarder berusia 50 tahun itu mendirikan SpaceX adalah karena memiliki ambisi untuk menjelajahi planet Mars dengan menggunakan roket yang terjangkau. Proyeknya yang lain yaitu berupaya mengintegrasikan komputer ke dalam otak manusia.

4 dari 6 halaman

3. Jasa Konstruksi Infrastruktur

Elon Musk beli Twitter senilai Rp635 triliun. Dari mana saja sumber kekayaannya? (Instagram/elon.r.muskk).

Sejak lima tahun terakhir, Elon Musk juga memiliki dua bisnis perusahaan di bidang jasa konstruksi infrastruktur dan terowongan. Dia memiliki bisnis Neuralink Corporation, yakni perusahaan neuroteknologi yang mengembangkan implantable brain-machine interfaces.

5 dari 6 halaman

4. Bisnis Zip dan Perbankan Online PayPal

Elon Musk beli Twitter senilai Rp635 triliun. Dari mana saja sumber kekayaannya? (Instagram/elon.r.muskk).

Setelah lulus dari jurusan fisika dan bisnis di University of Pennsylvania pada tahun 1995, Elon Musk bersama sang adik, Kimbal mendirikan bisnis direktori online yang diberi nama Zip.

Namun, pada tahun 1999, kakak beradik ini menjual perusahaan tersebut seharga USD307 juta. Setelah menjual Zip, Elon Musk masuk ke industri perbankan online dengan mendirikan PayPal. Kemudian pada 2008, PayPal dibeli oleh eBay dan Elon Musk berhasil mengantongi uang hingga USD180 juta.

6 dari 6 halaman

5. Twitter

Elon Musk beli Twitter senilai Rp635 triliun. Dari mana saja sumber kekayaannya?

Terbaru, Elon Musk memutuskan mengakuisisi seluruh saham Twitter seharga USD44 miliar atau sekitar Rp635 triliun. Meski merogoh biaya yang tak sedikit, Twitter diyakini bisa menjadi sumber pendapatan baru untuk Elon Musk.

#Women for Women