Ikuti Jejak Suami, Sarwendah Tan Buka Usaha Fashion

Syifa Ismalia diperbarui 19 Apr 2022, 14:47 WIB

Fimela.com, Jakarta Sarwendah Tan mengikuti jejak suaminya, Ruben Onsu dengan membuka usaha fashion yang dinamakan Swily. Tak sendiri, dia mengajak UMKM lokal bekerjasama dalam membangun bisnisnya tersebut.

"Swily adalah merk fashion lokal, yang setiap pembuatan dan produknya juga bekerjasama dengan para pengrajin lokal UMKM di Indonesia," kata Sarwendah Tan kepada awak media, Minggu (17/4/2022).

Ditanya mengenai alasan memilih bisnis fashiondibandingkan makanan seperti suami, Sarwendah memiliki jawaban sendiri. Menurutnya karena dia sangat mencintai sandal dan sepatu yang kerap dipakainya.

"Aku setuju banget sama quotes 'good shoes take you to good place'. Itu alasan kenapa produk pertama yang launching adalah sendal atau sepatu wanita," ucap Sarwendah Tan.

2 dari 5 halaman

Akan Lebarkan Bisnis

Sarwendah buka usaha fashion yang diberi nama Swily (instagram sarwendah29)

Selanjutnya, Sarwendah Tan berniat akan membuat barang fashion tak hanya untuk kaum hawa saja. Dia juga menegaskan akan memberikan kualitas terbaik walaupun harganya sangat terjangkau. "Ke depannya, aku akan bikin juga barang-barang fashion untuk pria dan wanita, yang pastinya berkualitas, namun harganya terjangkau," tuturnya. 

Pada kesempatan itu, Sarwendah juga menjelaskan penggunaan nama Swily untuk brand-nya. Katanya, Swily adalah singkatan dari Sarwendah’s Indonesian local brand with best quality. "Jadi pas mikirin nama ini, aku singkat kata-kata di atas, karena aku mau bikin produk lokal yang bagus, tapi tetap terjangkau dan berkualitas," ungkapnya. 

3 dari 5 halaman

Ajak Adik dan Teman

Sarwendah buka usaha fashion yang diberi nama Swily (Instagram/sarwendah29).

Selain bekerja sama dengan UMKM lokal, Sarwendah juga menggaet adik dan temannya dalam menjalankan bisnis terbarunya ini, yakni Wendy dan Olive.

"Jadi Swily ini gabungan nama kita bertiga juga. Kita bertiga punya visi yang sama, yaitu untuk membuat produk lokal yang bagus dan berkualitas, namun harga tetap terjangkau, jadi bisa dipakai oleh banyak orang," jelasnya.

4 dari 5 halaman

Dirilis untuk Hari Raya

Sarwendah buka usaha fashion yang diberi nama Swily (Instagram/sarwendah29).

Sarwendah mengaku sudah mempersiapkan bisnis fashionnya sejak tahun lalu. Ibu tiga anak ini pelan-pelan mendalami dunia fashion bersama kedua rekannya.

"Persiapannya sudah dari tahun lalu, aku pilih dan ngulik-ngulik semua. Dari model, material, sol, sampai ke detail terkecil, karena pengen bikin yang benar-benar nyaman dipakai," katanya. 

Setelah semuanya siap, ibu tiga anak tersebut pun merilis bisnis fashionnya untuk bisa digunakan pembeli dalam momentum Hari Raya Lebaran nanti. 

"Awal bulan April ini semuanya baru rampung, dan aku putusin untuk launching di tanggal 17 April 2022, berdekatan dengan Lebaran juga. Jadi harapannya, orang-orang bisa pakai sandal atau sepatu Swily di hari Raya," ucapnya.

Selanjutnya, Sarwendah menunjukkan kelebihan produknya tersebut. "Yang jadi nilai lebih dari produk Swily ini nyaman banget dipakai. Aku sendiripun pakai setiap hari karena emang senyaman itu, dan sizenya sampai 42," kata Sarwendah Tan yang menyebut katalog Swily sudah ada di instagram dan online shop. 

5 dari 5 halaman

Didukung Suami

Sarwendah buka usaha fashion yang diberi nama Swily (Instagram/sarwendah29).

Sarwendah bersyukur bisnisnya ini dukung penuh oleh Ruben Onsu yang sudah lebih dulu menjalankan usaha. Atas dukungan suaminya itu, dia semangat semangat menekuni pekerjaan barunya. 

"Bensu sangat mendukung segala sesuatu yang aku kerjakan, selama itu hal yang positif dan sesuai dengan passion aku. Support dari dia membuat aku sangat semangat untuk menjalani usaha," tuturnya.

Ke depannya, Sarwendah berharap Swily bisa jadi brand fashion lokal berkualitas yang bisa mendukung UMKM lokal. Selain itu, pelanggan juga akan tetap kece dengan menggunakan produknya. 

Tag Terkait