Kenalan Lebih Dekat dengan Miguel Oliveira, dari Dokter Gigi hingga Juarai MotoGP Mandalika 2022

Annissa Wulan diperbarui 21 Mar 2022, 15:00 WIB

Fimela.com, Jakarta Nama Miguel Oliveira sedang banyak diperbincangkan saat ini, pasalnya pembalap KTM asal Portugal ini berhasil keluar menjadi juara MotoGP Mandalika 2022. Perhelatan MotoGP Mandalika 2022 telah resmi diselenggarakan pada Minggu (20/3/2022) di Pertamina International Circuit dan Miguel Oliveira berhasil mencatatkan waktu tercepat di 33 menit 27,233 detik.

Ini menjadi prestasi fenomenal bagi Miguel Oliveira sendiri, karena seperti yang diketahui, ia memulai dari posisi ketujuh. Ia bersaing hampir sepanjang balapan dengan Jack Miller.

Miguel Oliveira memulai karier balapannya sejak tahun 2022, dengan Aprilia di kelas 125cc. Pengalamannya dari Moto3 hingga Moto2 selama 8 tahun digunakannya untuk mengumpulkan berbagai prestasi, sampai ia disebut sebagai pembalap yang cukup matang.

What's On Fimela
Miguel Oliveira. Foto: Instagram.
Miguel Oliveira. Foto: Instagram.
2 dari 3 halaman

Miguel Oliveira

Miguel Oliveira. Foto: Instagram.

Saat ia bergabung dengan Red Bull KTM Ajo di Moto2, Miguel Oliveira mulai banyak meraih prestasi terbaiknya. Di musim pertamanya saja, ia berhasil merebut posisi 2 dengan 6 kemenangan, 9 podium, dn 1 kali pole positions di tahun 2015.

Di tahun 2017, ia berhasil sampai di peringkat ketiga klasemen dan peringkat kedua di tahun 2018, yang akhirnya mengantarkannya ke MotoGP. Karier Miguel Oliveira di MotoGP dimulai dengan KTM di tahun 2019, tepatnya di tim satelit KTM Tech3.

Di musim pertama, Miguel Oliveira berhasil meraih 2 kemenangan dan 2 podium pada MotoGP 2020. Sedangkan tahun lalu, ia meraih 1 kemenangan dengan Red Bull KTM dan kemenangan di MotoGP Mandalika ini sebenarnya telah menyamai prestasinya di musim lalu, walaupun saat itu, ia juga meraih 3 kali podium.

Miguel Oliveira. Foto: Instagram.
3 dari 3 halaman

Miguel Oliveira

Miguel Oliveira. Foto: Instagram.

Tidak hanya itu, menariknya, Miguel Oliveira tidak hanya dikenal berprofesi sebagai pembalap saja, namun juga seorang dokter gigi. Di tahun 2017, ia memutuskan mengambil kuliah kedokteran gigi, sebelum akhirnya membuka praktik di tahun 2019. Bagaimana menurutmu, Sahabat FIMELA?