5 Tips Menghindari Masalah Keuangan yang Serius Bagi Pengantin Baru

Gayuh Tri Pinjungwati diperbarui 19 Mar 2022, 09:15 WIB

Fimela.com, Jakarta Setiap hubungan tentu menghadapi berbagai masalah apalagi bagi kamu pengantin baru. Ada berbagai faktor dan sumber masalah itu muncul. Salah satu sumber perselisihan terbesar yang dihadapi pengantin baru adalah pandangan yang bertentangan tentang semua hal yang berhubungan dengan uang.

Kebanyakan pengantin baru memiliki perbedaan kebiasaan tentang tabungan, pengeluaran, investasi, kredit, utang dan sebagainya. Nah, ketika memasuki hubungan baru sebagai suami istri tentu kalian perlu bekerjasama dalam mengelola keuangan bersama yang tentunya masing-masing memiliki pandangan yang berbeda tentang uang. Jika kamu dan pasangan mengahdapi kesulitan dalam membicarakan keuangan, beberapa tips ini mungkin dapat membantumu. Yuk, simak selengkapnya di bawah ini.

1. Mulai Membicarakan Keuangan Sedini Mungkin

Agar terhindar dari masalah serius, ada baiknya untuk membicarakan masalah keuangan sedini mungkin. Cobalah untuk membicarakan tentang pendapatan dan kebiasaan masing-masing pasangan. Dan dari situ kalian perlu mencari jalan keluar dan kesepakatan cara mengelola keuangan.

2. Membuat Kesekatan

Sebelum membuat anggaran, ada baiknya untuk membuat aturan yang disepakati bersama. Misalkan menentukan besaran uang untuk dibelanjakan dan besar uang untuk ditabung. Ketahui juga jumlah pendapatan dari kamu dan pasanganmu.

What's On Fimela
2 dari 2 halaman

3. Tentukan Tujuan Jangka Panjang

Ilustrasi/copyrightshutterstock/SUNG YOON JO

Dalam hal keuangan, kamu juga harus cermat dan bijak dalam melihat masa depan. Tentukan beberapa hal di masa depan yang membutuhkan banyak uang. Misalkan biaya pendidikan anak, liburan, dan lainnya. Ini akan membantumu menyimpan uang dan tak kewalahan ketika saatnya tiba dibutuhkan.

4. Membuat Tabungan Bersama

Sebenarnya tak masalah kamu akan menggunakan tabungan bersama atau pribadi. Namun sebelum memutuskan, ada baiknya kamu waspada dengan risiko dan pengaruhnya. Ada baiknya kamu dan pasangan juga berdiskusi tentang masalah ini, karena hal ini juga disesuaikan dengan sifat pasangan.

5. Membuat Anggaran yang Realistis

Pastikan kamu membuat anggaran yang realistis dan bisa dikerjakan dengan baik. Jangan buat anggaran yang terlalu sedikit hingga kamu harus sangat berhemat dan tak bisa menikmati hidup. Jangan juga tetapkan anggaran yang terlalu longgar hingga membuat hidup boros.

Well, berikut tadi beberapa tips yang dapat membantumu menghindari konflik keuangan dalam rumah tangga, apalagi bagi kamu pengantin baru.

#WomenforWomen