Mau Bibir Tampak Merah Merona Secara Alami? Tips Perawatan Ini Bisa Dicoba di Rumah

Wuri Anggarini diperbarui 28 Feb 2022, 16:56 WIB

Fimela.com, Jakarta Sudah rutin menggunakan skincare, tapi apakah kamu juga memperhatikan perawatan kulit area bibir, Sahabat Fimela? Sering banget bagian tubuh yang satu ini terlupakan. Padahal, bibir yang sering terpapar sinar matahari, polusi, debu hingga kotoran membuatnya memerlukan perhatian khusus.

Memiliki bibir yang tampak merona alami mungkin jadi salah satu hal yang diimpikan oleh sebagian perempuan. Bibir yang terlihat plump dan tidak kering juga jadi tanda kalau kesehatannya terjaga, lho. Ingin mewujudkannya? Beberapa ritual perawatan ini bisa kamu lakukan di rumah.

What's On Fimela
2 dari 5 halaman

Moisturizer

(c) Shutterstock

Bukan hanya kulit di area wajah saja yang membutuhkan pelembap. Area kulit di sekitar bibir juga perlu dijaga kelembapannya demi mewujudkan bibir yang tampak sehat dan plump. Moisturizer ini bisa didapatkan dari penggunaan lip balm atau pelembap lainnya khusus untuk bibir. Selain itu, kamu juga bisa membuat DIY pelembap alami bibir, misalnya menggunakan kombinasi gel lidah buaya dan madu.

3 dari 5 halaman

Eksfoliasi

(c) Shutterstock

Bibir terlihat lebih kusam dan banyak kulit kering yang terlihat mengganggu penampilan? Saatnya melakukan eksfoliasi untuk mengangkat sel kulit kering dan mati. Kamu bisa menggunakan scrub khusus untuk bibir yang memiliki butiran lembut sehingga sel kulit mati yang menempel bisa terangkat secara maksimal dan membuat bibir terlihat lebih sehat.

Kamu juga bisa membuat DIY lip scrub di rumah, dengan menggunakan kombinasi gula dan madu. Namun, jangan terlalu sering melakukan ritual yang satu ini karena bisa menyebabkan iritasi.

4 dari 5 halaman

Persiapkan Bibir Saat Akan Menggunakan Makeup

(c) Shutterstock

Menggunakan lip makeup memang bisa membuat bibir terlihat cantik dan menarik. Namun, jangan asal menggunakan produk makeup ini saja karena kamu harus melakukan persiapan terlebih dulu.

Sama seperti kulit wajah yang membutuhkan base makeup agar hasilnya terlihat maksimal, bibir juga perlu mempersiapkan dirinya. Kamu bisa menggunakan lip balm atau lip butter yang bisa menjaga kelembapan bibir dan membuat hasil riasan jadi terlihat lebih merona, plump, dan cantik.

5 dari 5 halaman

Berikan Perlindungan dari Sinar UV

Coba ngaku, siapa yang sudah memberikan perlindungan rutin terhadap bibir dari sinar UV? Hal yang satu ini mungkin seringnya terlewat. Namun, sama dengan bagian kulit lainnya, bibir juga memerlukan perlindungan yang tepat saat beraktivitas di luar ruangan.

Paparan sinar UV bisa membuat kulit bibir terlihat kusam, kering, dan kurang bercahaya. Untuk mengatasinya, kamu bisa memilih produk lip balm atau lip butter yang mengandung SPF sehingga memberikan perlindungan yang kamu butuhkan.

Itu tadi beberapa trik yang bisa dilakukan untuk membuat bibir tampak merona alami. Yuk, mulai terapkan beberapa langkah di atas agar cantikmu makin paripurna, Sahabat Fimela!

Tag Terkait