Viral Karikatur Hitler Belai Putin Diunggah Twitter Resmi Ukraina Di Tengah Perang dengan Rusia

Novi Nadya diperbarui 26 Feb 2022, 07:00 WIB

Fimela.com, Jakarta Ukraina menyertakan pemimpin Nazi Adolf Hitler dalam pusaran perangnya dengan Rusia lewat sebuah karikatur yang diunggah di akun Twitter resmi @Ukraine. Foto karikatur yang diunggah pada 24 Februari 2022 itu memperlihatkan Hitler yang tersenyum sedang membelai pipi Presiden Rusia Vladimir Putin. 

Di tengah serangan militer Rusia, Ukraina juga melakukan perang di media sosial. Ukraina juga memberi penjelasan jika ilustrasi tersebut bukan meme, melainkan kartun politik, yang sekaligus menjawab pertanyaan netizen. 

"Ini bukan 'meme' tetapi realitas kami dan Anda saat ini."

What's On Fimela
2 dari 2 halaman

Putin Kerap Dibandingkan dengan Hitler

Hitler sendiri kerap dibandingkan dengan Putin saat ketegangan meningkat di perbatasan Ukraina dalam beberapa minggu sebelum serangan. Termasuk Ketua DPR Amerika Serikat Nancy Pelosi yang membandingkan Putin dengan Hitler karena melancarkan invasi ke Ukraina.

Melansir dari Liputan6.com, Polesi juga membandingkan pengakuan Putin atas wilayah Donetsk dan Luhansk yang memisahkan diri di Ukraina timur. Dengan pencaplokan Sudentenland oleh Hitler pada tahun 1938 dan invasi ke Cekoslowakia pada tahun 1939.