5 Fakta Kontroversial Desainer Arnold Putra yang Diduga Sebagai Penerima Paket Organ Manusia

Novi Nadya diperbarui 24 Feb 2022, 08:13 WIB

Fimela.com, Jakarta Nama desainer asal Indonesia Arnold Putra diduga menjadi penerima paket organ tubuh manusia yang dikirim dari Brasil. Polisi Federal Brasil mengungkapkan jika paket tersebut telah dikemas dan dikirim ke Singapura seperti ditulis oleh vice.com.

Arnold Putra memang dikenal dikenal kerap menggunakan bagian tubuh manusia dalam karyanya. Namanya menjadi viral pada tahun 2020 saat membuat tas tangan yang terbuat dari tulang manusia. Berikut fakta-fakta kontroversialnya merangkum dari berbagai sumber;

1. Membuat Tas Tangan dari Tulang Belakang Manusia

Karya Arnold ini memancing kontroversi, meski ia mengatakan pada Insider jika tulang belakang seorang anak yang mengalami osteoporosis didapatnya secara legal. Tulang tersebut dibelinya di perusahaan berlisensi yang menerima spesimen manusia yang disumbangkan untuk pengobatan dan kadang-kadang menjualnya sebagai surplus. 

Selain tulang belakang anak, tas tersebut juga memakai material lidah binatang buaya. Ia juga menjelaskan jika organ buaya didapat dari industri daging dan kulit buaya.

 

 

What's On Fimela
Tas dari tulang belakang manusia karya Arnold Putra (Instagram @byarnoldputra)
2 dari 5 halaman

2. Kontroversi seragam Pemuda Pancasila di Pekan Mode Paris

Desainer Indonesia, Arnold Putra, memakai busana mirip seragam Pemuda Pancasila saat menghadiri Paris Fashion Week 2022. (dok. tangkapan layar Instagram Story @arnoldputra)

Arnold Putra kembali viral saat mengenakan setelan loreng yang disebut mirip dengan seragam Pemuda Pancasila. Dalam foto yang tersebar, Arnold seperti sedang menunjukkan pakaiannya pada desainer AS Rick Owen dan istrinya Michele 'Lamyland' Lamy.

Namun outfit pilihan Arnold ditentang dan dikritik oleh akun Twitter @sandhatu. Ia menulis jika Pemuda Pancasila adalah organisasi semimiliter sayap kanan-jauh yang terlibat di genosida 1965-66.

 

 

3 dari 5 halaman

3. Menukar Barang Mewah Palsu

Arnold yang bermukim di Amerika ini memang dikenal sebagai petualang yang gemar traveling lintas dunia. Tak hanya kota besar, ia memiliki kecintaan untuk menerobos pedalaman dan berinteraksi dengan orang-orangnya.

Sebuah akun Instagram @superiorgrab pernah membahas jika Arnold juga melakukan barter barang mewahnya dengan benda yang dianggap sakral dan berharga oleh suku tersebut sepertu tulang belulang.

Namun, akun @superiorgrab di bulan Maret 2020 mengatakan jika barang-barang yang diberikan pada orang pedalaman adalah palsu.

 

 

4 dari 5 halaman

4. Beragam karya seni yang membuat polemik

Jaket dari tulang iga manusia (Instagram @byarnoldputra)

Kreativitas dan ide-ide 'gila' Arnold dibagikan di akun Instagramnya @byarnoldputra dan seringnya menimbulkan polemik. Ia tak menutup kolom komentarnya dan kita bisa melihat kemarahan sampai hujatan yang dituliskan.

Seperti saat ia kembali menggunakan tulang iga manusia asli pada jaket yang dirancangnya secara terbatas. Arnold disebut tidak berperikemanusiaan, kejam, menjijikan, dan banyak lagi ungkapan kemurkaan.

 

5 dari 5 halaman

5. Terseret dalam pemesanan organ tubuh manusia  

Polisi Federal Brasil mengungkapkan jika terdapat paket berisi tangan manusia bersama tiga paket plasenta manusia yang dikirim ke Singapura. Saat berbicara kepada VICE World News lewat panggilan telepon terenkripsi, polisi Brasil mengatakan jika penerima paket tersebut diduga adalah Arnold Putra.

#WomenForWomen