6 Cara Merasa Bahagia Jadi Single di Usia yang Tak Lagi Muda

Febi Anindya Kirana diperbarui 17 Feb 2022, 14:49 WIB

Fimela.com, Jakarta Memasuki usia yang sudah tak lagi bisa dibilang muda tapi masih menyandang status lajang? Mungkin kondisi ini tak mudah bagi beberapa perempuan. Meski demikian, bukan berarti kita tak bisa merasakan kebahagiaan. Begini sekian cara agar merasa bahagia meski usia sudah tak lagi muda.

1. Utamakan dirimu

Perlakukan dirimu dengan baik terlebih dahulu. Self-care itu penting, memenuhi kebutuhan diri terutama secara emosional dengan cara membahagiakan diri sendiri, entah itu dengan membelikan diri sendiri makanan enak, berendam air hangat setelah lelah bekerja atau dandan yang cantik untuk diri sendiri. Manjakan dirimu yang lajang dengan baik.

2. Jangan membandingkan diri

Kamu tahu setiap manusia dilahirkan berbeda di dunia ini, jadi mengapa harus tertarik untuk membandingkan diri? Karena dilahirkan berbeda-beda, tentu jalan hidupnya juga akan berbeda. Membandingkan diri dengan orang lain bukanlah resep untuk merasa bahagia. Daripada melihat status hubungan sebagai penghalang kebahagiaan, lihat itu sebagai kesempatan fokus pada kehidupanmu sendiri.

What's On Fimela
2 dari 3 halaman

3. Rayakan persahabatanmu

ilustrasi perempuan tersenyum/frantic00/Shutterstock

Mungkin kamu memiliki kehidupan lain yang patut disyukuri? Misalnya memiliki persahabatan erat yang menyenangkan, memberi pengaruh baik, membuatmu bahagia, tak merasa sendiri dan mampu mengisi kekosongan hatimu. Maka rayakan persahabatanmu dengan teman-teman yang kamu cintai untuk saat ini.

4. Tak perlu sembunyi

Apakah status lajangmu adalah aib bagimu? Sejujurnya itu adalah momen hidup yang patut disyukuri. Kamu memiliki kesempatan untuk menikmati momen belum menikah yang tak lagi bisa dinikmati teman-temanmu yang sudah menikah. Bahkan kamu bisa belajar mencintai dirimu sendiri lebih lagi sebelum memberi cinta kepada orang lain. Kamu juga punya lebih banyak waktu untuk memberi kasih sayang pada orangtua.

3 dari 3 halaman

5. Buat rencana masa depan

ilustrasi perempuan bersantai/Photoroyalty/Shutterstock

Jika ingin bisa menemukan pasangan waktu dekat, maka mulailah merencanakan cara mencari peluang cinta, tidak hanya duduk diam tanpa melakukan apa pun. Jika menemukan pasangan hidup bukan menjadi prioritasmu, maka buatlah rencana masa depan yang lebih baik dan bisa membuatmu puas dengan dirimu sendiri.

6. Miliki keuangan yang stabil

Lajang dan hidup berkecukupan harta? Itu adalah hal yang patut dibanggakan. Jadilah perempuan mandiri yang tak perlu mengandalkan orang lain untuk bisa memenuhi kebutuhanmu. Kamu cantik dan berdaya dengan segala kemampuanmu, itu akan memberikan perasaan lebih baik untuk dirimu sendiri.

Ada banyak cara untuk merasa bahagia selagi jadi lajang. Status hubungan seringkali bukan segalanya, jadi jangan merasa kurang hanya karena kamu tak punya pasangan. Kehidupan lajang justru perlu banyak disyukuri karena kamu punya lebih banyak waktu untuk membahagiakan dirimu sendiri.

#Women for Women