Penuaan Dini Hingga Mudah Lupa, Ini Bahaya Begadang Bagi Kesehatan

Mimi Rohmitriasih diperbarui 16 Feb 2022, 13:56 WIB

Fimela.com, Jakarta Siapa yang suka begadang dan tidur terlalu larut malam? Jika kamu salah satu orang yang suka begadang, mulai sekarang cobalah untuk meninggalkan kebiasaan tersebut. Melansir dari laman health.com, begadang terlalu sering bisa sangat berbahaya bagi kesehatan. 

Seseorang yang suka begadang bisa berisiko mengalami penuaan dini lebih cepat hingga mudah lupa seiring bertambahnya usia. Para peneliti juga menyebutkan jika begadang yang terus menerus bisa menyebabkan seseorang mengalami masalah psikologis dan emosi. 

What's On Fimela
2 dari 2 halaman

Beragam Penyakit Bisa Menyerang Karena Begadang

Ilustrasi tidur. Sumber foto: unsplash.com/Kinga Cichewicz.

Penelitian yang dilakukan para ahli menemukan jika kebiasaan begadang atau kualitas tidur yang buruk dari seseorang bisa meningkatkan beragam risiko penyakit mematikan. Penyakit tersebut mulai dari tekanan darah tinggi, diabetes, serangan jantung hingga kanker. 

Orang-orang yang hobi begadang juga sangat mungkin mengalami kenaikan badan drastis. Kenapa hal ini bisa terjadi? Saat seseorang begadang, besar kemungkinan ia akan merasa lapar yang membuatnya makan di tengah malam. Makan pada malam hari inilah yang kemudian memungkinkan tubuh tidak bisa menyerap nutrisi dengan baik karena tubuh harusnya istirahat. Makan malam sangat berisiko menyebabkan lemak dalam tubuh menumpuk dan membuat kenaikan berat badan secara drastis. 

Saat begadang, seseorang juga akan mengeluarkan hormon stres lebih banyak. Inilah yang kemudian membuat seseorang lebih cepat mengalami penuaan dini. Begadang sambil menatap layar handphone atau komputer juga akan membuat seseorang lebih mudah mengalami masalah kantong mata serta gangguan kesehatan mata. Mereka yang begadang juga akan mengalami penurunan fungsi otak dan menyebabkannya mudah lupa. 

Karena begadang sangat berbahaya bagi kesehatan, pastikan agar dirimu meninggalkan kebiasaan begadang. Selalu miliki waktu tidur cukup agar fisik dan psikis selalu sehat. Semoga informasi ini bermanfaat. 

#WomenForWomen