7 Kelebihan Perempuan yang Terlahir sebagai Anak Sulung di Keluarga

Endah Wijayanti diperbarui 23 Des 2021, 12:15 WIB

Fimela.com, Jakarta Terlahir sebagai anak perempuan pertama di keluarga atau anak perempuan sulung, kita akan dihadapkan pada berbagai tantangan hidup. Tentu saja tiap individu akan mengalami ujian dan cobaan dalam hidup, tetapi kali ini kita akan fokus membahas soal kehidupan perempuan sulung.

Sebagai perempuan sulung, kita akan mengalami banyak lika-liku kehidupan. Ada banyak peristiwa yang mungkin tidak menyenangkan tapi dari semua itu kita belajar jadi lebih dewasa dan kuat. Agar lebih bersemangat jalani hidup, saatnya untuk mengenal diri sendiri lebih jauh dengan memahami kelebihan-kelebihan diri yang kita punya.

1. Berani Mengatasi Masalah dengan Usaha Terbaik

Lari dari masalah hanya akan memperburuk keadaan yang ada. Meski kadang sebagai perempuan sulung, kamu merasa harus menanggung beban yang lebih berat dibanding saudara yang lain, itu tak menjadikanmu sebagai orang yang suka lepas tangan saat ada masalah. Sebisa mungkin meski tak selalu sempurna, kamu mencari jalan keluar dari setiap permasalahan yang ada.

What's On Fimela
2 dari 7 halaman

2. Tidak Pantang Menyerah

Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/g/asawin+klabma

Menjadi perempuan sulung, kita punya banyak tanggung jawab dan berbagai tuntutan yang harus dipenuhi. Tentu ada kalanya kita tak bisa memenuhi setiap harapan atau ekspektasi yang ada. Meksi begitu, kita bukan tipe perempuan yang mudah menyerah. Sejak dini sudah terbiasa untuk melakukan banyak hal dengan kekuatan sendiri, kita punya mental yang lebih kuat untuk menaklukkan setiap kesulitan yang ada.

3 dari 7 halaman

3. Senang Melihat Orang Lain Bahagia

Ilustrasi/copyright shutterstock.com

Alih-alih membanding-bandingkan masalah pribadi dengan masalah orang lain, seorang perempuan sulung lebih memilih untuk menguatkan diri dengan menyemangati orang lain. Melihat orang lain bisa termotivasi dan terpacu untuk bangkit sudah menjadi sumber kekuatannya sendiri untuk mengatasi persoalannya sendiri.

4 dari 7 halaman

4. Punya Kemandirian Tinggi

ilustrasi/copyright by Makistock (Shutterstock)

Kryss Shane, BS, MS, MSW, LSW, LMSW, seperti yang dilansir dari bustle.com, memaparkan, "Tumbuh dengan satu adik atau lebih itu terkadang artinya perhatian orangtua kita teralihkan ke yang lainnya, sehingga anak sulung harus bisa menyenangkan atau menghibur dirinya sendiri." Anak sulung biasanya tak punya masalah melakukan segala sesuatunya sendiri dan mengandalkan dirinya sendiri. Sehingga tumbuh menjadi pribadi yang lebih mandiri.

5 dari 7 halaman

5. Punya Empati Tinggi

ilustrasi/Art_Photo/Shutterstock

Anak sulung bisa sangat memedulikan dan memerhatikan orang lain. Ketika masih kecil, anak sulung mungkin terbiasa untuk dimintai bantuan oleh adiknya. Sehingga terlatih untuk meningkatkan kepekaan dan kepedulian pada orang lain yang membutuhkan perlindungan atau bantuan.

6 dari 7 halaman

6. Berjiwa Pemimpin

Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/id/g/Tong_stocke

Melansir laman bustle.com, karakteristik anak sulung umumnya digambarkan sebagai kepribadian "Alfa". Ia dikenal punya jiwa kepemimpinan yang tinggi, penuh semangat, dan punya ambisi kuat. Dalam mencari pasangan atu menjalin hubungan asmara, seorang perempuan sulung bisa cocok dengan seseorang yang tahu cara menyeimbangkan kehidupan kerja dan pribadinya. Seseorang yang mudah menyesuaikan diri bisa sangat cocok untuk seorang sulung.

7 dari 7 halaman

7. Punya Kehati-hatian Tinggi

ilustrasi./Photo by Andrea Piacquadio from Pexels

Anak sulung umumnya selalu mengikuti aturan. Tidak gegabah dalam mengambil risiko atau melakukan hal-hal yang dirasa membahayakan. Dibandingkan anak kedua atau anak bungsu yang berkarakter suka bertualang, anak sulung umumnya lebih mudah mengikuti aturan dan menyesuaikan diri sesuai aturan tersebut.

Semoga kamu bisa menjalani hidupmu dengan lebih indah dan bermakna, ya. Tetap semangat sebagai perempuan sulung, dan terima kasih sudah bisa berjuang dan bertahan melakukan yang terbaik hingga saat ini.

#ElevateWomen