Mewah, Berikut 10 Potret Tedak Siten Anak Kedua Momo Geisha, Pilih Mobil dan Bola

Sutikno diperbarui 16 Des 2021, 06:53 WIB
Dekorasi megah dan sangat mewah begitu terlihat dalam acara tedak siten Baby Abe seperti terlihat di kanal Youtube Momo Youtube Channel yang diunggah pada 13 Desember 2021. (Youtube/Momo Youtube Channel)
Menurut Momo dalam keterangannya di video tersebut, acara tedak siten untuk anak kedua tidak harus. Tapi, bersama sang suami, sepakat melaksanakan tedak siten agar putra keduanya tersebut juga memiliki momen seperti anak pertamanya. (Youtube/Momo Youtube Channel)
Acara tedak siten ini juga mundur dari jadwal seharusnya mengingat kondisi pandemi yang belum juga usai. Momo mengaku harusnya bulan Agustus 2021, namun adanya pandemi hingga dimundurkan. Semuanya kompak dengan busana adat Jawa. (Youtube/Momo Youtube Channel)
Setelah doa dan sambutan dari pihak keluarga, Baby Abe kemudian mengikuti beberapa ritual acara tedak siten atau momen pertama kali seorang anak belajar menginjakkan kaki ke tanah. Tedak atau tedhak berarti turun, dan siten artinya tanah. (Youtube/Momo Youtube Channel)
Setelah kakinya dibersihkan, Baby Abe dibantu oleh ayah dan ibunya menginjakkan kakinya ke tanah. Prosesi ini selain mengenalkan dengan tanah, juga perlambang agar anak tetap rendah hati. (Youtube/Momo Youtube Channel)
Proses selanjutnya adalah berjalan melewati tujuh wadah dengan warna berbeda yang terakhir warna putih. Acara ini sebagai simbol kehidupan anak. (Youtube/Momo Youtube Channel)
Selesai melewati tujuh wadah dari warna hitam dan terakhir putih, kemudian dilanjutkan prosesi Tangga tebu wulung. Proses naik turun tangga itu untuk menggambarkan harapan Baby Abe agar bisa meraih cita-cita. (Youtube/Momo Youtube Channel)
Salah satu yang banyak orang penasaran dalam prosesi tedak siten adalah yang dipilih oleh bocah tersebut. Yaitu prosesi kurungan, Baby Abe dimasukkan dalam kurungan ayam. Dalam kurungan tersebut banyak mainan, seperti mobil-mobilan, bola, uang dan masih banyak lagi. (Youtube/Momo Youtube Channel)
Dalam prosesi kurungan tersebut, Baby Abe memilih mobil dan bola, kedua mainan warnanya sama. Momo menjelaskan, bahwa mobil itu sesuai dengan hobi opanya, sedangkan bola, bisa jadi mengikuti ayahnya. Sebelumnya suami Momo,Nicola Reza Samudra juga membangun stadion bertaraf Internasional.