5 Tanda Kamu Belum Mengenal Diri Sendiri

Baiq Nurul Nahdiat diperbarui 14 Okt 2021, 16:05 WIB

Fimela.com, Jakarta Kita mungkin bertanya, apa sih pentingnya mengenal diri sendiri? Walaupun terdengar sepele, ternyata mengenal diri sendiri memiliki banyak manfaat untuk diri kita sendiri dan kehidupan yang akan kita jalani. Salah satunya, kita akan lebih mudah untuk mengetahui tujuan hidup kita dan cara untuk mencapainya.

Jadi, apakah kamu sudah mengenal diri sendiri dengan baik? Yuk, simak beberapa tanda yang menunjukkan kalau kamu belum mengenal diri sendiri dengan baik.

1. Suka plin plan

Orang yang tidak mengenal dirinya akan sulit membuat keputusan karena sering meragukan dirinya sendiri. Kamu juga tidak tahu apa yang kamu inginkan dalam hidup yang membuat pikiranmu berubah-ubah atau plin plan.

2. Tidak tahu apa yang kamu inginkan

Coba pikirkan apa hal yang ingin kamu capai atau inginkan dalam hidupmu. Jika kamu kesulitan untuk menjawabnya, kemungkinan besar kamu belum mengenal dirimu dengan baik. Sehingga kamu juga akan kesulitan untuk menyadari dan mengembangkan potensi yang kamu miliki.

What's On Fimela
2 dari 3 halaman

3. Menyesali banyak hal dalam hidupmu

Tanda Kamu Belum Mengenal Diri Sendiri. (ilustrasi/shutterstock.com/Monthira)

Jika kamu mengenal dirimu sendiri dengan baik, maka kamu akan tahu bagaimana cara mencapai tujuan dalam hidupmu. Bahkan saat kamu mengalami kegagalan, kamu akan mencari jalan keluar dan tidak menyerah begitu saja. Tetapi jika kamu sering menyesali keputusan dalam hidupmu, mungkin kamu belum mengenal dirimu secara mendalam.

4. Tidak tahu apa kelebihan dan kekuranganmu

Tahu kelebihan dan kekurangan juga adalah indikasi bahwa kamu mengenal dirimu dengan baik. Dengan mengetahui kelebihan dan kekuranganmu, kamu akan tahu mana potensi yang mau kamu kembangkan. Ini juga akan membantumu agar lebih mudah untuk mencapai tujuan hidupmu.

3 dari 3 halaman

5. Tidak mengikuti kata hati

Tanda Kamu Belum Mengenal Diri Sendiri. (ilustrasi/copyright by KONGPHOTOGRAPHER from Shutterstock)

Orang yang tidak mengenal dirinya sendiri mudah sekali dipengaruhi orang lain dalam melakukan apa pun dalam hidupnya. Bahkan, kamu lebih percaya pada arahan orang lain daripada mengikuti kata hati. Salah satu penyebabnya ialah kamu kurang percaya diri dan sering meragukan kemampuanmu.

Untuk mengenal diri sendiri maka kamu harus mulai dengan jujur pada diri sendiri, mendengarkan suara hati, dan kamu juga harus tahu apa yang menjadi kelebihan serta kekuranganmu. Semoga membantu!

#ElevateWomen