Kumpulan Kisah Inspiratif Wanita di Dunia Hiburan, Part I

Fimela diperbarui 21 Feb 2015, 08:26 WIB

Konsep emansipasi wanita di masa kini telah memberikan banyak kemudahan dan kebebasan bagi para wanita untuk berkarya. Namun, pada zaman dulu, kondisi ini sangat jauh berbeda Ladies. Sudah menjadi pengetahuan umum bahwa wanita pada zaman dulu hanya dianggap sebagai ‘erhiasan’ lelaki dan ‘pelengkap’ rumah tangga, sehingga membuat wanita di zaman dulu sulit untuk berkreasi dan menyumbangkan idenya kepada kehidupan sosial masyarakat. Wah, jangankan untuk berkreasi, kesempatan belajar saja sangat dibatasi lho Ladies. Jadi, jika seorang wanita di zaman dulu berhasil membuat sebuah pencapaian, ia dianggap luar biasa dan bahkan mencetak sejarah wanita dunia.

Sama halnya dengan yang dilakukan oleh wanita-wanita hebat berikut ini nih, Ladies. Mereka berperan penting dalam perkembangan dunia hiburan masyarakat.

Yang pertama adalah Mary Cassatt (1844-1926). Ia adalah seorang seniman wanita yang mampu membuktikan kemampuannya membuat berbagai lukisan indah diantara sekelompok pelukis-pelukis pria yang dianggap hebat pada kala itu. Di tengah kontroversi dan pandangan remeh orang kepada dirinya, Mary Cassatt tetap berdiri kokoh memperjuangkan kemampuan untuk dapat diakui di mata dunia dan dipandang setara dengan para pria.

Kemudian adalah Isadora Duncan (1877-1927). Ia adalah seorang penari yang mampu menciptakan berbagai kreasi gerakan tari dan koreografi indah. Meski penari pada kala itu dianggap sebagai pekerjaan rendah dan lebih dipandang sebagai wanita penghibur, Duncan mampu membuktikan bahwa penari adalah bagian dari seni yang bernilai tinggi dan bukan sekadar penghibur murah untuk keperluan para lelaki atau petinggi kekuasaan.

Wanita-wanita hebat berikutnya adalah Luciller Ball, Anne Frank, Katharine Hepburn, dan masih banyak lagi. Jika ingin tahu lebih banyak, bacalah artikel selanjutnya ya Ladies.

Oleh: -Rhm-

(vem/ver)
What's On Fimela