Inilah Ikan Laut yang Aman dari Merkuri

Fimela diperbarui 03 Des 2014, 17:12 WIB

Moms yang sedang hamil sering kali dianjurkan untuk banyak mengonsumsi ikan laut yang baik bagi kesehatan dan perkembangan janin sekaligus baik untuk Moms sendiri. Sayangnya, ibu hamil sangat rentan sekali terhadap kontaminasi merkuri yang berpotensi mencemari ikan laut yang dikonsumsi.

Maka dari itu, Moms wajib mengetahui ikan laut jenis apa saja yang aman dari kontaminasi merkuri. Aman yang dimaksud di sini adalah kontaminasi merkuri sangat sedikit sekali mencemari ikan laut tersebut. Mungkin saja terdapat merkuri, namun jumlahnya sangat sedikit dan bisa dibilang aman.

Seperti yang dilangsir dari situs nrdc.org, ikan laut berikut adalah ikan yang sedikit terkontaminasi oleh merkuri. Ikan tersebut adalah ikan pindang, ikan lele, ikan makarel, ikan hering, ikan salmon baik yang dalam kaleng maupun segar, ikan sarden, ikan haddock, ikan mullet, ikan trout.

Selain itu, remis, kepiting, udang, tiram, kerang, cumi-cumi, ikan flounder, ikan hake, ikan croaker yang berasal dari Samudera Atlantik, ikan perch, ikan pollock adalah ikan yang aman dikonsumsi. Ikan tilapia, ikan plaice, ikan sole, ikan whitefish, ikan whiting juga aman dari kontaminasi merkuri.

Bagi para pria dan Anda yang sedang tidak hamil memang tidak terlalu berisiko terhadap paparan merkuri daripada ibu hamil. Namun, ada baiknya Anda memilih ikan yang aman dari merkuri untuk mencegah efek samping dari merkuri dalam jangka panjang.

Oleh:Lies Nureni

(vem/ver)