Ikan Kod: Bagian yang Bisa Dimakan

Fimela diperbarui 01 Des 2014, 20:48 WIB

Ladies, sebagai seorang wanita memang sudah kebutuhan untuk bisa memasak, meski sebenarnya bagi sebagian wanita tidak mudah. Apalagi dalam memasak seafood seperti ikan. Nah, untuk itu berikut ini adalah langkah awal bagi Anda yang hendak belajar membuat seafood, yakni tentang bagian-bagian dari ikan, khususnya ikan kod, yang bisa dimakan, baik mentah maupun diolah.

Sebagaimana disalir laman Ehow.com, ada 4 bagian utama dari ikan kod yang bisa Anda olah. Untuk mengetahui apa saja, berikut ini ulasannya.

Kepala- Ladies, pada kepala ikan, sebenarnya semua bagiannya bisa dimakan, namun, untuk beberapa orang, hanya beberapa bagian saja yang sedap disantap. Yakni Ladies, semua bagian kepala selain mata, kulit, dan otak, sebab rasanya yang tidak terlalu enak. Namun, untuk Anda yang mungkin kebingungan untuk mengolahnya, Anda bisa membuang bagian kepalanya.

Badan- Nah, ini dia Ladies, bagian yang paling sedap dari ikan, baik ikan kod maupun ikan yang lainnya. Di dalam badan ikan, terdapat bagian daging yang berwarna lebih gelap, yang biasanya berasa lebih pahit. Anda bisa menyajikannya bersamaan atau menghidangkannya terpisah.

Ekor- Bagian ekor ini memang sebaiknya dibuang, Ladies. Bagian ekor dari ikan kod biasanya dibuang bersamaan dengan bagian kepala serta daging yang berwarna gelap. Memotongnya juga pada bagian tulang ekornya agar tidak mengganggu saat diolah.

Isi perut- Nah Ladies, untuk Anda yang ingin mendapatkan kandungan omega 3 dari ikan kod berarti perlu untuk menyajikan juga bagian hati ikan kod. Namun, untuk bagian lainnya memang tidak disarankan untuk disertakan dalam makanan Anda.

Oleh: Kamilah

(vem/)