Bakteri Jahat Pada Ikan Mas

Fimela diperbarui 19 Okt 2014, 18:32 WIB

Ladies ikan yang hidup di air tawar ini memiliki kandungan gizi cukup lengkap seperti ikan lainnya. Ya, ikan yang dimaksud yaitu ikan mas. Namun Ladies perlu anda ketahui bahwa ikan ini juga bisa terkena serangan bakteri jahat seperti Icthyopthirius multifilis, Myxobulus sp., Tricodina sp. Ladies, yang mengakibatkan ikan ini tidak aman lagi untuk dikonsumsi.

Ikan mas yang sudah terserang bakteri jahat ini akan munculnya bintik-bintik putih pada bagian tubuhnya yang disebut sebagai White spot. Selain itu juga mengakibatkan ikan mas kehilangan fungsi insangnya sehingga bisa mengganggu respirasi, ikan menjadi malas berenang dan cenderung mengapung di permukaan air.

Bakteri jahat lainnya yang juga bisa menyerang ikan mas yakni Tricodina sp. yang berbentuk berbentuk genta, bagian depannya berbentuk lingkaran dikelilingi sillia berukuran 120 m. Adapun penyakit yang disebabkan bakteri ini disebut Trichodiniasis. Serangan bakteri Tricodina sp. mengakibatkan munculnya bintik-bintik putih terutama di bagian kepala dan punggung pada ikan mas. Selain itu juga mengakibatkan nafsu makan ikan mas menjadi hilang, produksi lendir bertambah banyak, dan pada tubuh bagian luar mengalami pendarahan.

Myxobulus sp. Juga merupakan bakteri jahat yang banyak menyerang ikan mas. Adapun penyakitnya disebut Myxosporeasis. Timbulnya bintil berwarna kemerah-merahan pada tubuh ikan mas menjadi pertanda bahwa ikan mas tersebut terserang bakteri ini. Bintil ini merupakan kumpulan dari ribuan spora. Penyakit ini menjadi sangat berbahaya sebab dapat membawa kematian hingga mencapai prosentase 80%.

Oleh : Azizah

(vem/ver)